PMI Jaksel salurkan 2.000 nasi kotak untuk warga terdampak banjir

PMI Jaksel salurkan 2.000 nasi kotak untuk warga terdampak banjir

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji didampingi relawan PMI menyalurkan bantuan nasi kotak dari PMI kepada petugas PPSU yang mewakili warga terdampak banjir di Kelurahan Kuningan Barat, Selasa (25/2/2020) (ANTARA/HO-Humas PMI Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan menyalurkan bantuan 2.000 nasi kotak kepada warga terdampak banjir di wilayah itu, Selasa.

Bantuan nasi kotak tersebut disebar ke tujuh wilayah terdampak banjir seperti Kelurahan Rawajati, Kemang Selatan, Kebon Baru, Pejaten Timur, Pengadegan dan Kuningan Barat.

"Kita salurkan 1.500 untuk warga terdampak banjir, 500 kotak lagi untuk petugas di wilayah terdampak," kata Humas PMI Jakarta Selatan Dedet Mulyadi.

Dedet menjelaskan, penyaluran bantuan nasi kotak berisi paket nasi, ayam dan mi goreng siap saji ini berdasarkan permintaan warga di Posko Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) PMI yang membutuhkan sejumlah bantuan diantaranya makanan.

Baca juga: Istana tidak banjir, hanya air mau masuk drainase
Baca juga: Menteri PUPR: Banjir ibu kota tanggung jawab bersama


Ia mengatakan PMI memiliki Posko SIBAT di setiap kelurahan yang bertugas melakukan penilaian (assesment) wilayah yang terdampak banjir. Sejak Selasa pagi relawan PMI telah turun ke lapangan mendata warga yang terdampak banjir.

Menurut Dedet, di tujuh wilayah tersebut terdapat sejumlah warga yang mengungsi karena banjir.

"Wali Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji ikut menyerakan bantuan nasi kotak dari PMI kepada perwakilan warga di Kelurahan Kuningan Barat," kata Dedet.

Selain menyalurkan bantuan berupa nasi kotak, PMI Jakarta Selatan juga melakukan evakuasi terhadap warga terdampak banjir di wilayah Kemang Selatan, Bangka, dan Pondok Karya.

"Sebagian warga yang mengungsi sudah pada pulang ke rumah masing-masing tapi mereka belum bisa masak," kata Dedet.

Baca juga: Pengusaha peti kemas Jakarta rugi ratusan miliar akibat banjir
Baca juga: TransJakarta pastikan layanan intergrasinya normal


Untuk Kelurahan Pengadegan, Kecamatan Pancoran terdapat 115 warga yang mengungsi di Rusun Pengadegan.

PMI mencatat terdapat lima kecamatan di Jakarta Selatan yang terdampak banjir yakni Pasar Minggu, Pancoran, Mampang, Kebayoran Lama dan Tebet.

Banjir menggenang pemukiman warga sejak Selasa dini hari dari pukul 02.30 WIB, dengan ketinggian bervariasi mulai dari 50-100 cm.

Selain menyebabkan banjir, hujan yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya juga menimbulkan longsor di Jalan Al Amin RT 07 RW 07 Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa.
Baca juga: KCI mengevakuasi KRL anjlok
Baca juga: KRL Jakarta Kota-Bogor berangsur normal

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Absen RDP soal banjir, tiga gubernur ditegur Komisi V DPR

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar