Jakarta (ANTARA) - Untuk pertama kalinya, Big Band Jazz gabungan Eropa dan Indonesia akan tampil di Jakarta International BNI Java Jazz Festival.

NusantEro Big Band adalah kolaborasi 25 musisi jazz ternama dari Indonesia, Belgia, Denmark, Jerman, Hongaria, Italia, Belanda, Polandia, Slovakia, Spanyol, Swedia dan Swiss. NusantEro Big Band dipimpin oleh pengarah musik, pianis dan vokalis jazz ternama Indonesia, Nita Aartsen.

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket mengatakan, “Musik terbukti dapat menyatukan banyak orang. Pada kesempatan ini, NusantEro Big Band menyandingkan musisi Indonesia dengan musisi Eropa,"

"Bersama, mereka akan mempersembahkan karya klasik dari berbagai daerah dan negara mereka. Ini suatu perwujudan dari semboyan yang sama antara 'Bhinneka Tunggal Ika' dari Indonesia dan 'United in Diversity' dari Uni Eropa," kata Vincent dalam keterangan resmi.

NusantEro akan mempersembahkan aransemen baru lagu-lagu Indonesia dan Eropa terkenal dari komposer seperti Charles Trenet, Christ Kayhatu, Eric Satie, Ernst Bader & Klaus Gunter Neumann, Gesang, Ismail Marzuki, Jens Winther, Johann Sebastian Bach, Krzysztof Komeda, Maladi, Nino Rota dan Toots Thielemans, dengan sentuhan nada tradisional Jawa, Bali dan Betawi.

Proyek budaya ini didukung oleh Kedutaan Besar Belgia, Denmark, Jerman, Hongaria, Italia, Belanda, Polandia, Slovakia, Swedia dan Swiss, serta Delegasi Uni Eropa.

Baca juga: Marcell Siahaan siapkan penampilan spesial di Java Jazz 2020

Baca juga: The Jacksons dan Omar Apollo akan hadir di Java Jazz Festival 2020

Baca juga: Festival musik internasional di Indonesia sepanjang 2019

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020