Temanggung (ANTARA) - Pelantikan Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung definitif menunggu rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) kata Bupati Temanggung M. Al Khadziq.

"Rekomendasi dari KASN kita harapkan bisa keluar hari-hari ini dan setelah itu prosesnya Bupati Temanggung mengeluarkan SK tentang salah satu dari tiga nama calon itu kemudian untuk dilantik menjadi sekda definitif," kata Khadziq di Temanggung, Rabu.

Berdasarkan hasil seleksi oleh Panitia Seleksi Calon Sekda Temanggung muncul tiga nama calon Sekda Temanggung, yakni Agus Munadi, Hari Agung Prabowo, dan Ngumarudin Bagus Pinuntun.

"Kami berharap minggu ini atau minggu depan sudah dilakukan pelantikan. Bagi saya sebelum tanggal 5 Maret 2020 harapan saya sudah bisa dilantik karena penjabat sekda yang sekarang ini berlaku sampai 5 Maret 2020," katanya.

Khadziq menyampaikan proses seleksi sekda dilakukan secara terbuka oleh pansel dan hasilnya ada tiga nama calon, kemudian sudah dikoordinasikan dengan Gubernur Jawa Tengah dan pada Senin (17/2) Gubernur Jateng telah memanggil sejumlah pihak.

Ia menuturkan pertama gubernur memanggil semua anggota pansel dan sudah diwawancarai oleh gubernur, setelah pansel kemudian masing-masing dari tiga calon sekda satu per satu diwawancarai oleh gubernur.

"Setelah itu saya dipanggil gubernur dan gubernur menyampaikan ketiga calon semuanya bagus dan gubernur memberikan persetujuan kepada bupati untuk memilih salah satu dari tiga calon tersebut," katanya.

Pada hari itu juga keluar surat rekomendasi dari Gubernur Jateng yang menjadi lampiran ke KASN yang intinya bahwa gubernur memberikan persetujuan kepada bupati untuk memilih salah satu dari tiga nama tersebut dan menyatakan Gubernur Jateng telah melakukan koordinasi dengan Bupati Temanggung perihal pemilihan sekda ini.

Kemudian pihaknya sudah menyampaikan kepada KASN di Jakarta rekomendasi Gubernur Jateng tersebut dan lampirannya adalah laporan hasil pansel secara utuh.

"Sudah kita sampaikan ke KASN di Jakarta izin Bupati Temanggung untuk melantik salah satu dari tiga calon itu dan saya dengar kabar dalam hari-hari ini surat dari KASN akan keluar rekomendasinya," katanya. 

Baca juga: Bupati Temanggung sebut dunia pertembakauan tidak ada kepastian

Baca juga: Bupati Temanggung: masyarakat pertembakauan menghadapi masalah berat

Baca juga: Bupati: "Java International Folklore" buka era baru Temanggung

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020