Nanti kami lihat dari hasil uji coba tersebut, apakah bisa langsung digunakan oleh publik secara luas pada akhir Maret atau mungkin kami akan lihat lagi hasil dari uji coba tersebut,
Jakarta (ANTARA) - PT MRT Jakarta akan melakukan uji coba publik sistem perjalanan tanpa kartu (cardless) dengan menggunakan QR Code pada Maret 2020.

"Jadi kami sedang melakukan uji coba terbatas terlebih dahulu, dan sebentar lagi akan dilakukan uji coba publik yang cukup besar pada Maret ini. Tapi itu juga masih terbatas," ujar Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhammad Kamaludin kepada Antara di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan bahwa walaupun jumlah penguji saat uji coba pembayaran QR Code akan lebih banyak, namun pihaknya akan membatasi terlebih dahulu.

"Nanti kami lihat dari hasil uji coba tersebut, apakah bisa langsung digunakan oleh publik secara luas pada akhir Maret atau mungkin kami akan lihat lagi hasil dari uji coba tersebut," katanya.

Baca juga: MRT Jakarta gandeng Moka sediakan layanan POS untuk UKM

MRT Jakarta ingin saat akan diluncurkan secara terbuka, sistem pembayaran QR Code ini memang sudah betul-betul memudahkan pengguna dan lancar.

"Secara teknologi kami sebetulnya sudah cukup aman dan siap, cuma kami ingin melihat dari sisi perilaku penumpangnya," ujar Muhammad Kamaludin.

Sebelumnya Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, pihaknya optimistis dapat merampungkan pembayaran untuk melakukan perjalanan tanpa kartu (cardless) dengan menggunakan QR Code dalam waktu dekat.

Pokoknya, kata dia, teknologi akan ditingkatkan sehingga integrasi menjadi lebih bagus. Meski demikian, William tidak memberikan detail kepastian sistem pembayaran QR Code akan mulai berlaku.

William mengatakan untuk aplikasi pembayaran sebenarnya MRT Jakarta telah memiliki aplikasi MRTJ yang sudah dapat diunduh di gawai pengguna baik di sistem Android maupun Apple.

Baca juga: Kehadiran UKM di stasiun MRT Jakarta bisa angkat merek lokal baru

Namun aplikasi tersebut masih dalam masa penyesuaian sehingga pembayaran dengan sistem QR Code hingga Februari 2020 ini belum dapat digunakan.

Ia berharap sistem QR code untuk pembayaran tarif perjalanan transportasi umum di Jakarta tidak hanya dapat dilakukan pada layanan MRT Jakarta namun juga untuk layanan TransJakarta, LRT Jakarta. Bahkan commuterline milik PT KCI.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020