ACT Sulsel galang donasi untuk korban banjir Jakarta

ACT Sulsel galang donasi untuk korban banjir Jakarta

Makassar (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan menggalang dukungan untuk membantu korban banjir di Jakarta.

"Kita berduka dengan musibah banjir di Jakarta. Bagi saudara-saudara kita di Sulsel yang ingin membantu meringankan beban bisa memberikan donasinya," ujar Marketing Komunikasi ACT Sulsel Mustafa Mathar di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan banjir Jakarta yang terjadi saat ini dikarenakan intensitas hujan yang tinggi. Banjir ini yang kedua kalinya pada 2020 ini karena banjir sebelumnya juga terjadi di awal tahun.

Mustafa menyatakan hujan dengan intensitas lebat mengguyur sebagian wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) sejak Senin (24/2) malam.

Baca juga: Soal banjir, Anies: Izinkan saya bekerja dengan warga terlebih dulu

Baca juga: DKI masih upayakan penanganan warga dan wilayah terdampak banjir

Baca juga: Masih ada 236 RW yang terdampak banjir di Jakarta


Akibatnya, beberapa titik juga tergenang banjir. Bahkan data dari petabencana.id menunjukkan ada 94 titik banjir di sekitar wilayah DKI Jakarta.

"Data yang kami ambil dari petabencana.id itu ada 94 titik banjir di wilayah DKI. Teman-teman relawan ACT juga sudah turun mengevakuasi warga yang terdampak banjir," katanya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga telah mengeluarkan peringatan dini bagi tujuh daerah untuk bersiaga. Potensi hujan lebat, angin, kilat dan petir, akan bertahan hingga beberapa hari.

"Bismillah, tim ACT-MRI kembali turun ke lokasi-lokasi banjir untuk berikhtiar semaksimal mungkin dalam menyelamatkan mereka yang terdampak bencana ini. Mohon doa dari sahabat dermawan agar ikhtiar yang dilakukan oleh tim di lapangan, Allah mudahkan dan semua diberikan keselamatan," harapnya.

Mustafa menambahkan, setiap orang atau warga bisa ikut ambil bagian dalam program tersebut dengan mengikuti beberapa tata caranya.

Untuk bantuan donasi bisa langsung masuk melalui https://bit.ly/donasikemanusiaan
atau melalui rekening atas nama (Yayasan) Aksi Cepat Tanggap : di Bank Sulselbar Syariah 5100 5321 0417 1658, Muamalat 8010 1071 82, BNI Syariah 777 1659 997, Bank Mandiri 127 000 781 6596, dan CIMB Niaga Syariah 8600 0680 9700.*

Baca juga: 375 sekolah di Jakarta diliburkan akibat banjir

Baca juga: SDA DKI turunkan 8.000 petugas tangani banjir Jakarta

Baca juga: Anies tinjau Pintu Air Karet yang masih siaga 1

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar