Jayapura (ANTARA) - Pejabat dari Kementerian Politik Hukum dan keamanan (Kemenkopolhukam) mengunjungi Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dalam rangka meminta bantuan TNI Angkatan Darat untuk pengamanan penyelenggaraan PON XX Papua yang berlangsung pada Oktober-November 2020.

Kunjungan pejabat Kemenkopolhukam kepada Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab di antaranya Brigjen TNI Rufbin Marpaung (Asdep 4/VI Kesbang Kemenko Polhukam), Kolonel CZI Kun Wardhana (Kabid 1.4/Kesbang Kemenko Polhukam), Drs Safii M.Si (Asdep 2/VI Kesbang Kemenko Polhukam), Andhika Wahyu Nugroho (Staf Deputi VI/Kesbang Kemenko Polhukam) berlangsung di ruang Cycloop Makodam Polimak Jayapura, Kamis.

Baca juga: TNI siap bantu pengamanan Pesparawi-PON Papua di Timika

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto dalam keterangan tertulis di Jayapura menyebut, pejabat Kemenkopolhukam Brigjen TNI Rufbin Marpaung menyampaikan tujuannya datang ke Kodam XVII/Cenderawasih untuk meminta bantuan personel TNI dalam rangka mensukseskan kegiatan PON XX yang akan dilaksanakan di Papua.

"Kita dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan sengaja datang ke Kodam untuk meminta bantuan kepada Pangdam XVII/Cenderawasih dalam rangka mendukung dan mensukseskan PON XX di Papua tahun ini," ungkapnya

Brigjen TNI Rufbin Marpaung menambahkan, bahwa bantuan permintaan pengamanan tersebut sesuai dengan bidang tugas di lingkungan Kemenkopolhukam yaitu masalah hukum dan keamanan pada saat PON XX di Papua.

Baca juga: Mabes Polri siapkan personel bantu pengamanan PON Papua

Menyikapi permintaan dari beberapa pejabat Kemenkopolhukam yang secara langsung datang ke Kodam XVII/Cenderawasih, Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab menyatakan, jajaran TNI AD selalu siap membantu mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan PON XX 2020 di Papua.

"Kita semua mulai dari pejabat sampai anggota Kodam XVII/Cenderawasih akan senantiasa mendukung serta membantu mensukseskan kegiatan PON XX 2020, apalagi pelaksanaan PON tersebut dilakukan di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih," tegas Pangdam.

Baca juga: Kapolda Papua pimpin rapat persiapan pengamanan pilkada dan PON

Baca juga: 13 Polda siap bantu pastikan keamanan Pilkada dan PON Papua

Baca juga: Kejaksaan Biak kawal pembangunan insfrastruktur PON Papua 2020



 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020