Jakarta (ANTARA) - AS Roma, Bayer Leverkusen dan Wolverhampton menjadi tiga dari tujuh tim yang memastikan diri menyusul Rangers ke babak 16 besar Liga Europa.

Dari ketiga tim tersebut, hanya Leverkusen yang meraih kemenangan di leg kedua untuk memuluskan langkah mereka ke babak 16 besar.

Baca juga: Rangers bungkam Braga di kandangnya untuk lolos ke 16 besar

Leverkusen yang bertandang ke markas Porto di Stadion Dragao, Portugal, Kamis setempat (Jumat WIB), menundukkan tuan rumah dengan skor 3-1.

Berikut ringkasan tujuh pertandangan leg kedua babak 32 besar Liga Europa yang dilangsungkan bersamaan di sejumlah kota di Eropa:

Gent 1 - Roma 2 (agregat 1-2)

Roma sempat dilanda kekhawatiran ketika Gent menyamakan agregat 1-1 berkat keunggulan yang dihasilkan dari sepakan kaki kiri Jonathan Davis untuk tuan rumah pada menit ke-25.

Namun, kekhawatiran itu hanya bertahan sejenak, sebab empat menit kemudian umpan terobosan Henrikh Mkhitaryan sukses diselesaikan sempurna oleh Justin Kluivert.

Skor 1-1 tersebut bertahan hingga peluit akhir berbunyi di Ghelamco Arena, demi memastikan langkah Roma ke babak 16 besar Liga Europa dengan bekal kemenangan agregat 3-2.

Baca juga: Lima pertandingan Liga Europa paling layak ditonton

Espanyol 3 - Wolverhampton 2 (agregat 3-6)

Tiba di Stadion RCDE berbekal kemenangan 4-0 membuat tim besutan Nuno Espirito Santo cukup tenang meski harus tampil di hadapan pendukung lawannya.

Trigol yang dilesakkan Jonathan Calleri tak cukup menyelamatkan nasib Espanyol, sebab Adama Traore dan Matt Doherty mencetak gol bagi Wolverhampton yang melempangkan langkah mereka ke babak 16 besar dengan kemenangan agregat 6-3.

Baca juga: Arsenal konfirmasi Sead Kolisnac alami cedera bahu serius

Basel 1 - Apoel FC 0 (agregat 4-0)

Modal kemenangan telak 3-0 di kandang Apoel sepekan lalu membuat Basel tampil begitu tenang dan hanya butuh satu gol lewat eksekusi penalti Fabian Frei di Stadion St. Jakob-Park untuk lolos ke babak 16 besar dengan skor agregat 4-0.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020