Jakarta (ANTARA) - Kiprah Arsenal di Liga Europa harus terhenti di babak 32 besar setelah kalah dramatis 1-2 dalam pertandingan leg kedua di hadapan pendukungnya sendiri di Stadion Emirates, London, Inggris, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Padahal, Arsenal punya bekal kemenangan 1-0 yang mereka bawa dari markas Olympiakos sepekan silam, tetapi dipaksa menjalani babak tambahan waktu lantaran kemasukan gol Pape Cisse pada menit ke-53 tetapi gagal membalasnya hingga waktu normal berakhir.

Skor 1-0 bagi Olympiakos itu mengharuskan pertandingan dilanjutkan ke babakan tambahan waktu lantaran skor agregat sementara 1-1, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Arteta minta Arsenal tampil berani melawan Olympiakos

Publik Emirates bersorak keras ketika sang kapten Pierre-Emerick Aubameyang membawa Arsenal menyamakan kedudukan 1-1 dan unggul agregat 2-1 pada menit ke-113.

Gol itu memberi keyakinan besar bagi Arsenal bisa lolos, terlebih Aubameyang mencetaknya dengan sebuah tendangan salto untuk menyambut umpan silang Mesut Ozil.

Namun, tiket babak 16 besar tiba-tiba direbut Olympiakos dari tangan Arsenal setelah Youssef El-Arabi membawa tim Yunani itu berbalik unggul 2-1 semenit jelang berakhirnya babak tambahan kedua.

Barisan pertahanan Arsenal gagal mengantisipasi umpan silang yang dikirimkan Giorgos Masouras dan El-Arabi menyambutnya dengan sontekan ke gawang tuan rumah. Olympiakos merebut keunggulan agresivitas gol tandang dalam agregat 2-2.

Baca juga: MU cukur 10 pemain Brugge menuju 16 besar Liga Europa

Berikut ringkasan sejumlah pertandingan leg kedua babak 32 besar Liga Europa yang berlangsung bersamaan:

Benfica 3 - Shakhtar Donetsk 3 (agregat 4-5)

Hujan gol terjadi di Stadion da Luz, Lisbon, ketika Benfica dihadapkan pada tugas membayar defisit kekalahan 1-2 saat menjamu Shakhtar Donetsk.

German Pizzi membawa Benfica unggul, tetapi Ruben Dias mencetak gol bunuh diri sehingga kedudukan imbang. Dias membayar lunas kesalahannya demi membawa tuan rumah memimpin 2-1 sebelum disusul gol Rafa Silva yang membuat kedudukan 3-1 atau agregat 4-3 bagi Benfica.

Baca juga: Meski menang atas Getafe, Ajax tetap tersingkir

Akan tetapi Taras Stepanenko mencetak gol balasan yang diikuti gol Patrick demi membuat kedudukan imbang 3-3 yang bertahan hingga peluit akhir, mengantarkan Shakhtar melaju dengan kemenangan agregat 5-4.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2020