Basri Baco akan wakilkan Golkar di tim pansus banjir

Basri Baco akan wakilkan Golkar di tim pansus banjir

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi (berbaju hijau) menyidak saluran air di Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (23/2/2020). (ANTARA/ Livia Kristianti)

Pansus untuk banjir dapat langsung bekerja usai seluruh nama-nama perwakilan anggota fraksi rampung dan diserahkan kepada Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Fraksi Golkar di DPRD DKI Jakarta Basri Baco dipastikan akan mengambil bagian dalam tim panitia khusus (pansus) untuk menyelidiki banjir Jakarta.

"Dari Golkar, saya sendiri yang wakilin," kata Baco saat dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat.

Menurutnya, pansus untuk banjir dapat langsung bekerja usai seluruh nama-nama perwakilan anggota fraksi rampung dan diserahkan kepada Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi.

"Tinggal jalan aja," ujar Baco.

Menurutnya ada dua hal yang harus dikerjakan secara langsung usai tugas pokok dan fungsi pansus banjir terbentuk.

"Pertama sistem drainase. Salah satu faktornya kan itu. Sebenarnya kewenangannya ada di Pemprov, tinggal cek saja, kemarin genangannya dimana. Cek semua drainasenya benar atau tidak," ujar politikus fraksi Golkar itu.

Menurutnya, tahapan pengecekan ini tidak dilakukan secara maksimal oleh Pemprov DKI sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam pengelolaan drainase di Ibu kota.

"Kan sebenarnya 'simple', asal mau, kan gitu. Namun kelihatannya tidak ada keinginan (dari Pemprov DKI)," kata Baco.

Baca juga: Soal banjir, pengamat sarankan DPRD sisir anggaran rehab saluran air

Baca juga: Sekda sarankan PPK evaluasi sistem drainase di Underpass Kemayoran

Baca juga: Drainase di Jakarta Barat butuh perbaikan


Kedua, Baco mengatakan pansus banjir nantinya perlu memperhitungkan juga penanganan banjir usai mendapatkan jawaban dari sumber banjir itu.

"Kedua penanganannya, bagaimana bentuknya. Apakah perlu waduk, normalisasi sungai, atau sodetan baru yang lebih besar," ujar Baco.

Sebelumnya, pada Kamis (27/2) Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyetujui pembentukan panitia khusus untuk banjir.

"Telah disepakati bahwa DPRD Provinsi DKI Jakarta membentuk panitia khusus banjir," kata Ketua DPRD DKI Prasetio Edi dalam surat edaran kepada fraksi-fraksi di DPRD DKI yang salinannya juga diterima ANTARA di Jakarta, Kamis (27/2).

Prasetio menyetujui pansus banjir berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD DKI pada Senin (24/2).

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemilihan Wagub DKI Jakarta tetap tanggal 23 Maret

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar