Diperkirakan jalur itu baru dioperasikan padaLebaran 2020 atau akhir Mei dan Juni.
Medan (ANTARA) - Pembangunan jalur kereta api antara Besitang, Langkat, Sumatera Utara, - Langsa, Aceh, yang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) sudah rampung dan saat ini sedang diuji coba

"Pengerjaan sudah rampung dan saat ini sedang diuji coba," ujar Pejabat Pembuat Komitmen Aceh Wilayah I dan Sumut Wilayah II, Abdul Kamal di Medan, Jumat.

Kalau sudah dianggap layak jalan oleh tim khusus, ujar Abdul Kamal, jalur KA yang menghubungkan Sumut - Aceh sepanjang 35 kilometer itu dioperasikan segera.

"Diperkirakan jalur itu baru dioperasikan padaLebaran 2020 atau akhir Mei dan Juni," ujarnya.

Baca juga: Pembangunan jalur KA Rantauprapat - Kota Pinang Sumut sudah 90 persen

Dengan rencana dioperasikan tahun ini, pembangunan jalur KA Besitang - Langsa yang dimulai 2017 itu sudah sesuai progres.

Dia menjelaskan, proyek itu dikerjakan Baltek Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Baltek Perkeretaapian berharap terus mendapat dukungan dari semua pihak sehingga operasional pembangunan jalur KA yang menghubungkan Sumut - Aceh itu juga berjalan lancar.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Divre I Sumut, M Ilud Siregar menyebutkan, jika jalur sudah selesai dan dinyatakan laik untuk dioperasikan, KAI siap mengoperasikan KA.
Baca juga: Tinjau Stasiun Serang, Menhub fokus perbaikan jalur KA

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020