Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso mengatakan sudah ada protokol untuk mengatasi manakala terjadi penurunan indeks harga saham gabungan dibawah threshold.

"Tenang saja kita sudah punya protokolnya kalau sudah melebihi threshold turunnya. Ada beberapa yang bisa kita lakukan, kita bisa membolehkan buyback," kata Wimboh seusai menghadiri Rapat Terbatas Pengembangan Pusat Data Nasional, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Wimboh mengatakan jika penurunan IHSG di bawah threshold maka buyback mungkin dapat dilakukan secara langsung tanpa melalui Rapat Umum Pemegang Saham.

"Threshold saya lupa, mungkin sampai delapan persen lah," ujar Wimboh.

Baca juga: IHSG anjlok, OJK sebut bursa global juga tertekan

Sementara itu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan penurunan IHSG tidak hanya dialami Indonesia melainkan juga secara global.

Oleh karena itu Airlangga mengatakan perlunya dilakukan upaya menunggu dan memantau pergerakannya.

"Jadi kalau efek global terhadap pasar modal, kita wait and watch. Walau kita bisa menyiapkan hal-hal yang tentu bisa menopang, tapi kita bisa menunggu," jelas Airlangga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Pada penutupan sesi pertama Jumat ini, IHSG sempat melemah 223,73 poin atau 4,04 persen ke posisi 5.311,96. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak turun 41,64 poin atau 4,66 persen menjadi 851,12.

Baca juga: Antisipasi virus corona, OJK siapkan kebijakan stimulus perekonomian

Sementara pada Jumat sore, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada akhir pekan ditutup melemah masih dipicu kekhawatiran pasar terhadap meluasnya wabah Virus COVID-19.

IHSG ditutup melemah 82,99 poin atau 1,5 persen ke posisi 5.452,7.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020