Pemkot Kediri gratiskan tiket bagi atlet junior saksikan IBL

Pemkot Kediri gratiskan tiket bagi atlet junior saksikan IBL

Dokumentasi - Pemain Amartha Hangtuah Kelly Purwanto (kiri) menggiring bola dihalangi pemain Satya Wacana Salatiga Antoni Erga (kanan) saat pertandingan seri kelima Indonesian Basketball League (IBL) Pertamax 2020 di Gor Jayabaya, Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (28/2/2020). ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/wsj.

Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, memberikan tiket gratis bagi anak-anak sekolah dan atlet bola basket junior untuk menyaksikan pertandingan kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2020 yang diselenggarakan di Kota Kediri.

"Kami sudah koordinasi dengan panitia ada free tiket untuk anak sekolah dan para atlet basket junior sebagai upaya edukasi, ada semangat untuk bangkit (olahraga bola basket di Kediri). Perbasketan Kediri tumbuh lagi," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Kediri Nur Muhyar di Kediri, Jumat.

Baca juga: IBL pindahkan Seri VII dari Semarang ke Jakarta

Pihaknya juga telah melakukan perbaikan sarana dan prasarana di area Gedung Olahraga (GOR) Jayabaya Kota Kediri, yang dimanfaatkan untuk pertandingan IBL 2020 tersebut. Beberapa yang diperbaiki, seperti atap yang bocor dan perbaikan lampu.

Kejadian kebocoran atap ini, lanjut dia, merupakan dampak bencana alam, misalnya saat terjadi angin kencang, termasuk saat bencana erupsi Gunung Kelud (1.731 mdpl), atap GOR juga sempat mengalami kerusakan dan kini dibenahi agar kompetisi bisa berjalan dengan lancar.

Ia menyambut baik ada kompetisi tingkat nasional di Kediri. Terlebih lagi, dalam kegiatan tersebut juga merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) untuk Kota Kediri, karena ada kontribusi yang masuk ke daerah baik dari tiket maupun dari sewa GOR selama kompetisi berlangsung.

Baca juga: Pemain asing dan Hangtuah dinilai belum nyaman satu sama lain

Selain itu, dalam kegiatan itu juga dimeriahkan dengan pasar rakyat. Pemilik UMKM bisa menjajakan aneka produknya dalam kegiatan tersebut, sehingga roda ekonomi masyarakat juga ikut berputar.

"Kan ini disewa, sama seperti stadion, jadi harus kami siapkan. Jadi, ada pemasukan bagi pemda, tapi yang jelas bagaimana membuat Kediri semarak, ramai, sehingga pertumbuhan ekonomi juga bangkit," ujar dia.

Pihaknya juga sudah memberikan edukasi ke masyarakat mulai dari bagian kebersihan, hingga soal tarif parkir agar tidak dijadikan aji mumpung. Masyarakat yang ingin berkunjung ke pasar rakyat maupun yang ingin menonton juga merasa lebih nyaman.

Baca juga: NSH buka Seri III IBL atasi perlawanan sengit Pacific

IBL 2020 dijadwalkan menampilkan delapan seri. Setelah menyelesaikan seri reguler, IBL akan memainkan putaran playoff, semifinal dan final.

Kegiatan dimulai pada 10 Januari hingga 19 April 2020. Di Kota Kediri merupakan seri kelima IBL, dimana pertandingan akan digelar tanggal 28 Februari sampai 1 Maret 2020.

Tujuh kota dipilih menjadi tempat penyelenggaraan IBL musim 2020, yaitu Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan Kota Kediri.

Baca juga: Ringkasan IBL: Pacific lanjutkan peran penjerat raksasa

Baca juga: Satya Wacana diuntungkan dengan absennya Wiggins di NSH


Di Kota Kediri, ada 10 klub termasuk tim nasional yang akan berlaga di IBL musim 2020, yakni Satria Muda Jakarta, Amarta Hangtuah, Pelita Jaya, Louvre Surabaya, Pacific Caesar Surabaya, Prawira Bandung, Prawira Yogyakarta, Satya Wacana Salatiga, NSH Jakarta ditambah tim nasional.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar