Desk Corona tersebut dibentuk Kemendagri untuk melakukan koordinasi kepada pemerintah kabupaten/kota dan provinsi diseluruh Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membentuk Desk Corona yang merupakan tim khusus untuk mencegah penyebaran virus corona di Indonesia.

"Desk Corona tersebut dibentuk Kemendagri untuk melakukan koordinasi kepada pemerintah kabupaten/kota dan provinsi diseluruh Indonesia," kata Dasco dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Pabrik masker ilegal manfaatkan isu corona demi keruk keuntungan

Langkah itu menurut dia untuk melakukan pemantauan dan pendataan di daerahnya masing-masing.

Dia mengatakan, apabila terdapat warga yang diindikasikan terjangkit virus corona, maka segera melaporkan hal tersebut kepada Desk Corona Kemendagri.

"Untuk ditindaklanjuti dan dikoordinasikan dengan Kementerian Kesehatan agar segera dilakukan pencegahan dini dan penanganan medis lebih lanjut atau hal-hal lain yang dianggap perlu," ujarnya.

Baca juga: 50 ribu masker dikirim Pemkab Malang untuk pekerja migran

Politisi Partai Gerindra itu mengatakan permintaan khususnya tersebut agar Indonesia dapat mengantisipasi penyebaran virus corona secara dini di Indonesia.

Baca juga: Saham unggulan terkoreksi imbas makin meluasnya virus corona

Baca juga: 188 pekerja kapal World Dream masuk area observasi

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020