Liga 1 Indonesia

Deretan pemain Liga 1 dengan harga pasar tertinggi

Deretan pemain Liga 1 dengan harga pasar tertinggi

Gelandang bertahan Bali United, Brwa Nouri menjadi pemain termahal di Liga 1. (ANTARA/Ofisial Bali United FC)

Jakarta (ANTARA) - Liga 1 Indonesia diprediksi bakal kompetitif seiring dengan banyaknya pemain asing yang memiliki nilai pasar atau tinggi market value berdasarkan laman Transfermarkt.

Laman Transfermrkt ini rutin memperbaharui nilai pasar para pemain, termasuk total klub. Nilai pasar itu bukan merupakan harga asli pemain, tapi perkiraan harga terkini di bursa transfer.

Baca juga: Stefano Lilipaly jadikan AFF 2016 motivasi taklukkan Vietnam

Pemain asal klub Bali United Brwa Nouri menjadi pemain termahal dengan nilai pasar mencapai 600 ribu Euro atau Rp9,2 miliar. Nilai itu mengalami penurunan dari jumlah sebelumnya yang mencapai 650 ribu Euro.

Penyerang andalan Persija Jakarta Marko Simic menempati posisi kedua pemain dengan nilai pasar tertinggi. Pemain asal Kroasia itu memiliki nilai 550 ribu Euro atau sekitar Rp8,5 miliar.

Baca juga: Marko Simic antusias bertemu dengan Jaimerson Xavier

Penampilan impresifnya musim lalu dan berhasil menjadi pencetak gol terbanyak membuat Simic memang pantas memiliki nilai tersebut.

Di posisi ketiga ada nama bek Arema FC, Matias Malvino, dengan nilai pasar mencapai 500 ribu Euro atau Rp7,8 miliar.

Jaimerson Xavier (Madura United), Nick Kuipers (Persib Bandung), Makan Konate (Persebaya Surabaya), dan Ezechiel N'Douassel (Bhayangkara FC) masing-masing menempati posisi keempat hingga ketujuh dengan nilai sama, yakni 475 ribu Euro atau Rp7,5 miliar.

Baca juga: Persebaya Surabaya perkenalkan rekrutan baru Makan Konate

Sementara di posisi kedelapan hingga sepuluh dihuni Willian Pacheco (Bali United), Petteri Pennanen (Tira Persikabo), dan Wiljan Pluim (PSM Makassar) dengan nilai pasar 450 ribu Euro atau Rp7,1 miliar.

Untuk pemain lokal yang masuk dalam deretan 20 besar pemain termahal hanya diisi dua orang, yakni Stefano Lilipaly (Bali United) dan Febri Hariyadi (Persib Bandung).

Stefano Lilipaly berada di posisi 12 dengan nilai pasar menyentuh 425 ribu Euro atau Rp6,7 miliar, sementara Febri Hariyadi di posisi ke-17 dengan 400 ribu Euro atau Rp6,3 miliar.

Namun, nilai itu merupakan taksiran yang dihitung berdasar pada stastistik serta harga terkini di bursa transfer. Namun, untuk angka pasti setiap klub menyimpan rapat-rapat nominalnya demi menjaga kondusifitas tim.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Arema FC target lolos ke Liga Champhion Asia bersama Mario Gomez

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar