Makassar tertarik gunakan bus willler Jepang

Makassar tertarik gunakan bus willler Jepang

Penjabat Wali Kota Makassar M Iqbal Suhaeb pada Rapat Pembahasan tentang Pengadaan Tanah Jalur Kereta Api Makassar-Maros-Pangkep-Pare-pare di Rujab Gubernur Sulsel di Makassar, Jumat (28/2/2020). ANTARA/Abd Kadir

Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tertarik dengan tawaran penggunaan bus willler asal Jepang sebagai alat transportasi massal di kota tersebut.

Penjabat Wali Kota Makassar M Iqbal Suhaeb mengatakan Dinas Perhubungan Makassar rencananya melihat penerapan bus willler asal Jepang itu di Thailand dan Vietnam.

"Jadi saya kira bus willler asal Jepang ini memungkinkan untuk diterapkan (di Makassar). Namun sebelumnya, kami akan melihat dulu contohnya di Thailand dan Vietnam," katanya.

Ia menjelaskan, bus willler merupakan sistem pengangkut massal dari pintu ke pintu. Artinya bus ini akan berhubungan atau digabungkan dengan kendaraan yang berukuran kecil.

"Jadi kemungkinan bisa diadopsi di Makassar. Dishub rencana mempelajari nanti," katanya.

Baca juga: Bus listrik Jepang adopsi teknologi Nissan LEAF
Baca juga: Jepang diprediksi geser Indonesia sebagai pasar terbesar Fuso


Selain bus willer asal Jepang, Konferensi Internasional Kota Cerdas (Smart City) di Makassar, Sulsel, 27-28 Februari 2020 juga menghasilkan agenda kerja sama dengan pihak Nippon Koei dalam membantu pembangunan infrastruktur di Makassar.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan, seminar kota pintar itu merupakan lanjutan dari berbagai kegiatan berskala internasional terkait "smart city" dan dihadiri berbagai kelompok ahli termasuk bidang transportasi dan komunikasi dan juga ahli lainnya.

Perwakilan JASCA, Human Corporatin, Gen Takahashi menjelaskan, JASCA berupaya agar "smart city" dapat dikembangkan dengan baik di Makassar. Perusahaan Jepang yang hadir  memiliki teknologi dan solusi.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Inilah pasar tradisional pintar pertama di Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar