Ini kasus ketiga yang teridentifikasi di wilayah kami. Tapi yang ini berbeda dengan dua kasus yang lain
Los Angeles (ANTARA) -
Kasus terbaru corona di Amerika Serikat yang terkonfirmasi, yang terdiagnosa pada seorang perempuan California, tak diketahui asal-mula penularannya dan ditemukan pada seorang pasien yang tak melakukan perjalanan ke luar negeri atau melakukan kontak dengan siapa pun yang diketahui telah bepergian ke luar negeri, kata pejabat setempat, Jumat.

Perempuan itu, diidentifikasi hanya sebagai seorang dewasa dengan kondisi kesehatan kronis, dirujuk oleh dokternya untuk periksa kesehatan setelah mengalami sesak napas, kata Dr, Sara Cody, kepala pejabat kesehatan wilayah Santa Clara.

Baca juga: China daratan laporkan 427 kasus baru corona pada 28 Februari

Baca juga: AS tunda KTT dengan pemimpin ASEAN di tengah wabah corona


"Ini kasus ketiga yang teridentifikasi di wilayah kami. Tapi yang ini berbeda dengan dua kasus yang lain. Mirip ( kasus California sebelumnya yang tak diketahui asal-usulnya yang dilaporkan pekan lalu) kasus ketiga kami tidak melakukan perjalanan ke luar negeri belakangan ini atau punya hubungan dengan orang yang baru bepergian dari luar negeri atau orang yang terinfeksi," kata Cody dalam konferensi pers sore.

Santa Clara adalah kawasan pusat teknologi Lembah Silikon di California Utara.

Jumlah kasus terkonfirmasi di AS terkait penyakit pernapasan itu masih relatif kecil pada kisaran 60, sebagian besar di antara mereka dipulangkan dari kapal pesiar Diamond Princess yang berlabuh di Jepang tapi ada kekhawatiran yang makin berkembang bahwa negeri itu berada pada titik transisi penyebaran corona yang lebih luas.

Baca juga: WHO: Kunci mengendalikan COVID-19 memutus rantai penularan

Baca juga: Virus corona, Google dan Amazon batasi perjalanan dinas karyawan

 

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020