Sepekan Jakarta, observasi Corona di Pulau Sebaru hingga isu banjir

Sepekan Jakarta, observasi Corona di Pulau Sebaru hingga isu banjir

Foto aerial WNI ABK World Dream berjalan setibanya di Pulau Sebaru Kecil untuk menjalani observasi di Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (28/2/2020). Sebanyak 188 orang WNI pekerja atau anak buah kapal (ABK) kapal pesiar World Dream Mereka akan menjalani karantina dan observasi risiko virus Corona (Covid-19). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.

Jakarta (ANTARA) - Beragam berita dan peristiwa di Kota Metropolitan Jakarta dan sekitarnya dalam sepekan terakhir telah diwartakan Kantor Berita ANTARA, berikut kami hadirkan beberapa berita terpopuler dalam sepekan yang masih layak dibaca kembali sebagai informasi serta referensi untuk mengisi akhir pekan Anda

Pulau itu bernama Sebaru, tempat observasi baru Corona

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy telah menetapkan Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, sebagai tempat observasi virus Corona terhadap 188 WNI eks kru Kapal Pesiar World Dream.

WNI tersebut saat ini dalam perjalanan dari perairan internasional Kepulauan Riau menggunakan KRI TNI AL Dr Soeharso menuju Pulau Sebaru.

Lantas apa yang melatarbelakangi penetapan Pulau Sebaru sebagai area observasi serta dampak yang mungkin ditimbulkan dari kebijakan tersebut?


Jakpro kemungkinan besar gunakan geotextile untuk aspal Formula E

 PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengatakan pengaspalan untuk jalur Formula E berpotensi besar menggunakan material geotextile dibandingkan material sandsheet yang juga turut diujicobakan sejak Sabtu (22/2) di Silang Tenggara Monas.

"Kayaknya cenderung pakai geotextile karena lebih mudah dikelupas," kata Direktur Utama Jakpro Dwi Wahyu Darwoto di DPRD DKI Jakarta, Rabu.

Menurut Dwi dari dua material yang diujicobakan yaitu sandsheet dan geotextile, material kedua merupakan material yang paling mudah dikelupas tanpa menyisakan aspal di sela- sela batu alam.

Pulau Sebaru, dari narkotika ke corona

Sepekan terakhir, nama Pulau Sebaru sangat terkenal diperbincangkan di media. Sebaru, nama satu dari 110 pulau yang tersebar di Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Pulau ini menjadi sangat terkenal setelah Menteri Kesehatan Terawan Agus Putrano menyatakan 188 Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di kapal pesiar World Dream akan diobservasi di Pulau Sebaru mulai 28 Februari 2020.

Banyak pertanyaan mengapa pemerintah memilih Pulau Sebaru. Alasan pertama kali yang disampaikan ke publik karena pulau itu merupakan pulau kosong tanpa penghuni dan jauh dari pemukiman masyarakat di Kepulauan Seribu.


Kawasan istana kepresidenan sempat kebanjiran

Hujan dengan intensitas tinggi yang berlangsung sejak Senin (24/2) hingga Selasa (25/2) menyebabkan beberapa wilayah di Jakarta kebanjiran, termasuk di kawasan istana kepresidenan Jakarta.

Tampak halaman depan Masjid Baiturrahim yang berada di sisi sebelah kanan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara ikut terendam air

"Istana banjir," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung melalui pesan singkat di Jakarta, Rabu.


Banjir Jakarta pada Selasa sebabkan 3.565 jiwa mengungsi

Banjir di Jakarta akibat hujan yang mengguyur sejak Senin (24/2) malam hingga Selasa pagi menyebabkan 3.565 jiwa mengungsi.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta yang diterima di Jakarta, Selasa, terdapat 294 RW atau 10,74 persen RW di DKI Jakarta. Ketinggian banjir maksimal 200 sentimeter terjadi di Kelurahan Cawang, Jakarta Timur.


159 sekolah di Jakarta liburkan murid akibat banjir

Lebih dari 150 sekolah di Provinsi DKI Jakarta meliburkan kegiatan belajar mengajar akibat banjir yang menutupi akses menuju sekolah hingga membanjiri sekolah.

Terhitung sebanyak 159 sekolah dari tingkat pendidikan taman kanak- kanak hingga Sekolah Menengah Atas dan sederajarat meminta anak didiknya untuk belajar di rumah akibat banjir.

"Ini data sementara, jika ada informasi terbaru akan kami sampaikan," kata Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sony Juhersoni saat dihubungi, Selasa.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Dalam sepekan Sulteng akan diguyur hujan lebat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar