Ribuan pendaftar calon PPS pilkada di Nunukan

Ribuan pendaftar calon PPS pilkada di Nunukan

Ketua KPU Nunukan, Rahman saat wawancara dengan awak media usai melantik anggota PPK di Hotel Lenfin Kabupaten Nunukan, Sabtu (29/2)

Nunukan (ANTARA) - Tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) Gubernur-Wakil Gubernur Kaltara dan Bupati-Wakil Bupati Nunukan telah berlangsung, salah satunya perekrutan anggota penyelenggara pemilu pada kelurahan dan desa yakni panitia pemungutan suara (PPS).

Sejak dibuka pendaftaran calon anggota PPS oleh KPU Nunukan, jumlah pendaftar mencapai 1.549 orang pada 21 kecamatan dan 237 kelurahan dan desa.

Hal ini dibenarkan Ketua KPU Nunukan, Rahman di Nunukan, Sabtu bahwa tingginya peminat menjadi penyelenggara pemilu membuktikan kesadaran masyarakat semakin membaik terhadap kelancaran pelaksanaan pilkada 2020 ini.

Sehubungan dengan minat masyarakat yang sangat tinggi ini sehingga KPU Nunukan tidak perlu melakukan langkah lain seperti mengajak ASN menjadi penyelenggara pemilu.

Walaupun memang beberapa desa terpaksa diperpanjang masa pendaftaran karena peminatnya belum mencukupi dua kali lipat dari jumlah yang diterima.

Anggota PPS yang diterima untuk pilkada Gubernur-Wakil Gubernur Kaltara dan Bupati-Wakil Bupati Nunukan sebanyak tiga orang per desa dan kelurahan.

Rahman juga kaget, membludaknya pendaftar calon anggota PPS pada pilkada 2020 ini sehingga menyadari tingginya kesadaran masyarakat untuk menyukseskan pilkada serentak 2020 ini

Bahkan kata dia, Kecamatan Krayan Barat terbanyak yakni 203 orang disusul Krayan 149 orang dan Krayan 127 orang.

Ini daftar peminat menjadi calon anggota PPS pilkada 2020 setiap kecamatan yakni Kecamatan Nunukan (68), Nunukan Selatan (36), Sebatik (34), Sebatik Utara (30), Sebatik Timur (54), Sebatik Tengah (26), Sebatik Barat (31).

Lalu Kecamatan Lumbis Hulu (34), Krayan Selatan (86), Krayan Timur (127), Tulin Onsoi (74), Seimenggaris (26), Sebuku (65), Lumbis (121), Lumbis Pansiangan (87), Sembakung (61), Lumbis ogong (113), Krayan Tengah (43), Sembakung Atulai (78).

Totalnya 1.549 orang yang akan diseleksi dalam waktu dekat ini.

Baca juga: KPU Nunukan ajak masyarakat tanggapi calon anggota PPK

Baca juga: Bawaslu gelar sidang pelanggaran administrasi komisoner KPU Nunukan

Baca juga: Partai Hanura raih kursi terbanyak di Nunukan

Pewarta: Rusman
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar