Wakil wali kota ajak warga jaga keamanan selama pilkada

Wakil wali kota ajak warga jaga keamanan selama pilkada

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Umi Mastikah mengajak warga di kota setempat menjaga kondusifitas dan keamanan saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 berlangsung.

"Saat ini tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Tengah 2020 telah berlangsung. Kami minta kerja sama dan partisipasi seluruh masyarakat termasuk pemerintah dan pihak keamanan agar pemilihan umum tahun ini berjalan dengan baik, aman, tertib, terkendali dan sukses," kata Umi di Palangka Raya, Sabtu.

Wanita pertama yang menjabat sebagai orang nomor dua di Palangka Raya ini mengatakan, pilkada serentak 2020 di Kalimantan Tengah merupakan momentum mencari sosok pimpinan ideal, sekaligus menjadi pesta demokrasi bagi seluruh masyarakat, termasuk warga di Palangka Raya karena seluruh warganya akan memilih sosok gubernur.

Namun pada pelaksanaan pesta demokrasi langsung ini juga tak bisa dipungkiri sangat rentan terhadap konflik. Untuk itu, Umi pun berharap pilkada Serentak tahun ini berlangsung dengan aman.

Dalam rangka antisipasi jika terjadi kondisi terburuk, jajaran pemerintah kota bersama aparat keamanan terus berkoordinasi dalam mengantisipasi potensi konflik yang terjadi secara serentak.

Wanita berhijab ini kembali mengatakan bahwa peran aktif segenap masyarakat, dalam mendukung dan menjaga agar suasana tetap kondusif, sebelum dan selama pilkada serentak berlangsung sangat diperlukan.

Jika pun ada sengketa atau persoalan selama pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, diharapkan pihak yang bersengketa dapat menyalurkan aspirasinya melalui wadah dan jalur yang telah disiapkan.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah juga mengajak warga di provinsi setempat aktif menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Kotawaringin Timur 2020.

Komisioner KPU Kalteng, Eko Wahyu Sulistyobudi mengatakan salah satu bentuk partisipasi dalam menyukseskan pilkada dengan memastikan telah masuk dalam daftar pemilih tetap kemudian menggunakan hak pilih untuk memilih pasangan calon sesuai hati nurani.

"Kemudian juga turut mengawasi setiap tahapan dan proses Pemilu termasuk mengenali seluk-beluk figur yang akan dipilih memimpin Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Kotawaringin Timur," kata anggota KPU Kalteng Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat itu.

Baca juga: ASN diingatkan jaga netralitas Pilkada serentak 2020

 

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kantor Pos Palangka Raya salurkan BST kepada 4.128 keluarga

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar