Pemkot Bogor berlakukan lagi "car free day" di Jalan Sudirman

Pemkot Bogor berlakukan lagi "car free day" di Jalan Sudirman

Komunitas anak muda peduli lingkungan menggelar aksi turun ke jalan membawa sejumlah misi yang berkaitan dengan penanggulangan sampah di Kota Bogor hingga keanekaragaman hayati di sepanjang area Car Free Day (CFD) Bogor pada Minggu (25/2/2018). (ANTARA News/istimewa)

"Car free day" ini sesuai tujuannya untuk sarana olah raga dan berjalan santai di lokasi yang bebas kendaraan.
Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota Bogor akan memberlakukan lagi hari bebas kendaraan atau "car free day" di Jalan Sudirman Kota Bogor, setiap hari Minggu pagi, mulai Minggu, 1 Maret 2020.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bogor, Dody Wahyudin, di Kota Bogor, Jumat, mengatakan, keputusan memberlakukan kembali "car free day" di Jalan Sudirman, setelah dimusyawarahkan para pihak terkait dan disepakati untuk diberlakukan kembali.

Pemerintah Kota Bogor sebelumnya, memberlakukan "car free day" di Jalan Sudirman Kota Bogor, tapi kemudian dihentikan sejak Minggu, 22 September 2019, karena adanya pembangunan jalan layang atau "fly over" di Jalan RE Martadinata, dekat Jalan Sudirman.

Menurut Dody Wahyudin, musyawarah yang memutuskan "car free day" diberlakukan kembali diselenggarakan di Balai Kota Bogor, pada Jumat (28/2). Hadir pada musyawarah tersebut, antara lain, perwakilan dari Polresta Bogor Kota, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Kodim 0606, Pusdikzi Kodiklat TNI-AD, serta Dinas Koperasi dan UMKM.

Baca juga: "Car free night" Kota Bogor ditunda

Baca juga: Gojek segera bangun selter dekat Stasiun Bogor

Baca juga: Pelajar Kota Bogor dukung Perda KTR


Waktu pelaksanaan "car free day" sama seperti sebelumnya, yakni pukul 06:00 WIB sampai pukul 09:00 WIB. Guna mengakomodasi kendaraan warga yang ingin ke lokasi "car free day", Pemerintah Kota Bogor memfasilitasi beberapa lokasi untuk tempat parkir kendaraan yakni, di samping Bank BTN, di halaman Gedung Lautan, di seberang PLN, di halaman Bogor Permai, dan di depan ruko martabak Air Mancur.

Dody berharap, pada penyelenggaraan pertama "car free day" pada Minggu (1/3) besok, setelah tidak diberlakukan selama lima bulan, bisa berjalan lancar dan meriah. "Bagi warga yang ingin berolah raga di lokasi CFD ("car free day") silakan memarkir kendaraannya di lokasi yang sudah disediakan," katanya.

Untuk menjaga ketertiban selama "car free day", kata dia, ada petugas dari Kepolisian dan Dinas Perhubungan yang akan mengatur arus lalulintas,

Menurut Dody, "car free day" ini sesuai tujuannya untuk sarana olah raga dan berjalan santai di lokasi yang bebas kendaraan.

Dody juga meminta agar pedagang kaki lima (PKL) tidak memanfaatkan trotoar dan taman di sepanjang tepi jalan Sudirman, untuk berjualan.



 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar