Alhamdulilah situasi terpantau kondusif
Martapura (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Yazid Fanani memantau langsung pelaksanaan haul hari pertama KH Zaini bin Abdul Ghani atau akrab disapa Guru Sekumpul, di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Sabtu malam.

Didampingi Wakapolda Brigjen Pol Aneka Pristafuddin dan Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo, Kapolda nampak membaur dengan jamaah mengikuti prosesi haul yang dimulai dengan shalat maghrib berjamaah.

"Alhamdulilah situasi terpantau kondusif. Jamaah sudah memadati kawasan Sekumpul dan kendaraan bermotor tidak diperbolehkan lagi masuk, hanya jamaah yang berjalan kaki," terang Kapolda kepada ANTARA.

Yazid pun mengimbau agar jamaah selalu mematuhi arahan petugas dan relawan, sehingga situasi kamtibmas dan kelancaran selama momen haul dapat terjaga kondusif.

Baca juga: Presiden : Abah Guru Sekumpul ulama besar

Baca juga: Biddokkes kerahkan 48 personel Haul Guru Sekumpul

Kemudian Kapolda mengingatkan pula kepada jamaah untuk selalu menjaga kebersihan. Seperti tidak membuang sampah sembarangan dan diusahakan membawa botol minum isi ulang agar mengurangi sampah plastik.

"Mari kita jadi jamaah yang peduli kebersihan dan kesehatan. Jika kondisi badan kurang fit atau mengeluh tidak enak, segera ke posko kesehatan yang tersedia. Polda Kalsel juga membuka posko utama kesehatan di Pos Lantas Sekumpul," jelas jenderal bintang dua itu.

Sebelumnya telah digelar apel pengamanan Haul ke-15 Guru Sekumpul di halaman Mapolres Banjar yang dipimpin Karo Ops Polda Kalsel Kombes Pol Isdiyono. Sebanyak 150 personel Polres Banjar dan didukung 200 anggota Polda Kalsel diterjunkan mengamankan haul hari pertama.

Pelaksanaan haul hari pertama digelar usai shalat isya di kubah atau di tempat dimakamkannya Guru Sekumpul. Sedangkan di hari kedua dilaksanakan di Mushalla Ar-Raudhah Sekumpul di samping makam yang merupakan acara puncak haul ke-15 Guru Sekumpul yang dihadiri jutaan jamaah dari berbagai penjuru Tanah Air, bahkan mancanegara.

Baca juga: Polda Kalsel gelar pasukan pengamanan Haul Guru Sekumpul

Pewarta: Firman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020