Bandung (ANTARA) - Kepala Ekonom PT Bank Permata Josua Pardede mengatakan penyebaran virus Corona yang makin meluas dapat menjadi peluang untuk membenahi ekonomi dalam negeri khususnya industri manufaktur.

"Kita perlu industri manufaktur agar ekonomi dapat mendekati potensinya," kata Josua dalam pelatihan wartawan di Bandung, Sabtu.

Josua mengatakan industri baru yang berpeluang muncul adalah sektor manufaktur yang dapat menyediakan pengolahan bahan mentah ke barang jadi yang selama ini masih impor.

"Kita bahan baku dasar ada, tapi bahan mentah ke bahan jadi itu prosesnya missing, ini bisa dijawab dengan manufaktur," katanya.

Baca juga: Menperin sebut virus corona beri dampak terhadap sektor manufaktur

Oleh karena itu, tambah dia, pemerintah dapat terus membenahi industri pengolahan yang selama ini sudah menjadi prioritas yaitu makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, elektronik dan kimia.

"PMA dan PMDN seharusnya diarahkan ke sektor manufaktur atau sekunder. Selama ini kita liat trennya dalam tiga-lima tahun, PMA dan PMDN ke sektor yang tersier (jasa), artinya tidak ada investasi," katanya.

Ia juga mengharapkan adanya Omnibus Law bisa menjawab persoalan kemudahan berusaha yang masih berbelit dan membuat pelaku usaha ragu untuk berbisnis.

Baca juga: Erick Thohir tugasi enam BUMN bentuk kluster industri manufaktur

"Dengan proses perizinan yang lebih cepat, persepsi investor juga lebih baik, maka ini bisa diarahkan untuk memperkuat manufaktur," ujar Josua.

Selain itu, regulasi itu juga dapat membantu peningkatan kualitas sumber daya manusia dan memperbaiki sistem insentif bagi tenaga kerja.

Dengan berbagai pembenahan tersebut, ia menyakini industri pengolahan dapat tumbuh diatas lima persen dan membantu penguatan kinerja perekonomian.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perlambatan industri pengolahan sepanjang 2019 telah mempengaruhi pertumbuhan ekonomi 2019 sebesar 5,02 persen.

Pertumbuhan industri pada 2019 sebesar 3,8 persen turun dibandingkan periode sama 2018 sebesar 4,27 persen karena terpengaruh oleh pengurangan impor bahan baku, terutama barang modal jenis mesin.

Peran industri pengolahan sangat besar kepada perekonomian karena merupakan penyumbang terbesar struktur Produk Domestik Bruto (PDB) yaitu mencapai 19,7 persen pada 2019.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020