Dampak corona, PB WI urungkan kirim atlet ke luar negeri

Dampak corona, PB WI urungkan kirim atlet ke luar negeri

Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto. ANTARA/HO/PB WI

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) mengurungkan niatnya untuk mengirim atlet ke kejuaraan internasional mengingat adanya wabah virus corona yang melanda beberapa negara yang bakal menjadi tuan rumah kejuaraan.

Berdasarkan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Wushu Indonesia di Jakarta, Sabtu, ada tujuh kejuaraan internasional yang masuk agenda selama 2020 yang sudah disahkan.

"Kita memang sudah menetapkan ada tujuh kalender event internasional yang akan diikuti. Tetapi, keikutsertaan Indonesia tergantung pada perkembangan masalah virus corona ke depan. Apalagi, banyak kegiatan-kegiatan besar yang dibatalkan karena wabah virus corona," kata Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto.

Baca juga: PB WI cari atlet untuk dipersiapkan di kejuaraan dunia wushu 2022

Menurut dia, ketujuh kalender event internasional itu adalah 2nd World University Wushu Championship di Liaoyang, China, 11-14 Juli, 4th World Taijiquan Championship di Catania, Italia, 25 September - 02 Oktober, 18th World Summer School Games di Jinjiang, China, 17-24 Oktober.

Berikutnya 10th Asian Wushu Championship di India, 2-8 November, 3rd Taolu World Cup di Tokyo, Jepang, 15-19 November, 10th Sanda World Cup di Melbourne, Australia, 26-30 November, dan 8th World Junior Wushu Championship di Rabat, Maroko, 12-19 Desember.

Wabah virus corona memang telah menggagalkan sejumlah event olahraga di Negeri Tirai Bambu tersebut. Tercatat 16 event olahraga internasinal yang telah ditunda atau pun dibatalkan karena kekhawatiran dengan virus tersebut.

Baca juga: Olimpiade 2020 Tokyo diambang pembatalan imbas virus corona

Baca juga: Virus corona ganggu persiapan atlet China untuk Olimpiade 2020


Dari 16 event olahraga tersebut, diantaranya Kejuaran Dunia Atletik Indoor di Nanjing 13-15 Maret. Event tersebut kemudian diundur sampai tahun depan, meskipun belum pasti tanggalnya.

Selain itu, adalah kejuaraan indoor Asosiasi Atletik Asia yang harusnya dilaksanakan pada 12 sampai 13 Februari di Hangzhou yang sudah dibatalkan. Penjadwalan ulang Liga Champions Asia, setelah pemerintahnya melarang warga negara asing dari China masuk. Shanghai Shenhua dan Shanghai SIPG rencananya berhadapan dengan Perth Glory dan Sydney FC pekan lalu.

Kualifikasi cabang sepak bola Olimpiade 2020 yang melibatkan China, Australia, Taiwan, dan Thailand pun sudah dipindahkan ke Australia oleh AFC, setelah rencananya digelar di Wuhan. Sementara di ajang balapan, dua event sudah ditunda sampai waktu yang tak ditentukan yaitu Formula E di Sanya, 21 Maret dan Formula 1 Grand Prix China,19 April.

Baca juga: PB WI harapkan muncul kejuaraan khusus junior di daerah

Baca juga: Edgar Xavier dkk. dapat tambahan bonus pasca rebut emas SEA Games

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Suasana Imlek meriahkan para pengunjung di pusat perbelanjaan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar