Jasamarga Pandaan-Malang tanam seribu pohon damar di sepanjang tol

Jasamarga Pandaan-Malang tanam seribu pohon damar di sepanjang tol

Simbolis penanaman pohon damar yang dilakukan di Right of Way (ROW) Interchage Malang (Antara Jatim/ H.O Jasamarga Pandaan Malang)

Damar memiliki banyak fungsi, bukan hanya kayu dan getahnya saja, namun daunnya juga dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari
Surabaya (ANTARA) - PT Jasamarga Pandaan Malang (PT JPM) melakukan penanaman sebanyak seribu Pohon Damar di sepanjang jalan tol Pandaan-Malang, tepatnya di Right of Way (ROW) Interchage Malang dalam rangka HUT ke-42 PT Jasa Marga (Persero)Tbk.

Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang, Agus Purnomo dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya, Minggu mengatakan, penanaman diikuti lebih dari 100 karyawan serta mitra kerja di lingkungan Jalan Tol Pandaan.

Agus mengatakan, pemilihan pohon damar atau bahasa latinnya "Agathis dammara" dikarenakan pohon ini mempunyai batang tinggi menjulang hingga sekitar empat puluh meter dan batangnya lurus memajang.

"Damar memiliki banyak fungsi, bukan hanya kayu dan getahnya saja, namun daunnya juga dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Untuk di jalan tol, kata Agus, pohon damar ditanam sebagai penyerap polusi sehingga dapat menghasilkan udara bersih dan segar.

"Selain itu, juga dimaksudkan sebagai border di area interchange. Nantinya seluruh interchange dan Right of Way (ROW) Jalan Tol Pandaan Malang ditanami pohon damar," katanya.

Dalam acara penanaman itu, juga digelar tradisi potong tumpeng dan pecah durian untuk dimakan ramai ramai.

"Durian dipilih selain karena tidak perlu kemasan yang bisa menambah tumpukan sampah, bijinyabisa ditanam. Biji durian ini bukan sembarang biji, kami lemparkan ke ROW agar kelak di sini banyak tumbuh pohon durian, kulitnya juga bukan sembarang kulit, karena akan menjadi pupuk kompos agar pohon duren yang tumbuh di lahan semakin tumbuh subur," kata Agus.

Baca juga: Jasamarga berlakukan tarif baru Tol Gempol-Pandaan mulai 31 Januari
Baca juga: Jasa Marga berikan diskon 15 persen tol Pandaan-Grati

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar