Sepak Bola Nasional

Juara Piala Soeratin, tim PSP Padang U-15 diarak keliling kota

Juara Piala Soeratin, tim PSP Padang U-15 diarak keliling kota

Wali Kota Padang Mahyeldi (kiri) bersama Ketua Umum PSP Padang Hendri Septa (kiri) saat menjemput kesebelasan di Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman pada Minggu (1/3/2020). (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (ANTARA) - Tim PSP Padang U-15 yang mewakili Sumatera Barat diarak keliling kota pada Minggu, setelah menjuarai Piala Soeratin U-15 dengan mengalahkan Kalimantan Barat 2-1 pada pertandingan final di Stadion Manahan Solo, Sabtu (29/2).

Rombongan tiba di Bandara Internasional Minangkabau pada Minggu pukul 17.15 WIB dipimpin Ketua Umum PSP Padang Hendri Septa yang juga menjabat Wakil Wali Kota Padang, disambut langsung oleh Wali Kota Padang Mahyeldi serta jajaran SKPD di pintu kedatangan penumpang domestik.

Tiba di pintu kedatangan, Wali Kota Padang Mahyeldi langsung mengalungkan bunga kepada Hendri Septa, pelatih, dan pemain tim PSP Padang U-15.

Kedatangan para pemain juga disambut para orang tua dengan suasana yang meriah dan penuh sorak sorai atas prestasi yang diraih.

"Ini merupakan prestasi yang luar biasa, setelah 53 tahun PSP Padang tidak pernah memperoleh gelar juara lagi, pada tahun ini berhasil menjadi pemenang Piala Soeratin mewakili Sumatera Barat," kata Wali Kota Padang Mahyeldi.

Menurut dia, dengan prestasi nasional yang membanggakan ini persepakbolaan di kota Padang menjadi lebih bergairah.

"Kami juga akan lebih fokus melakukan pembinaan pesepak bola usia muda sebagai cikal bakal pemain andal menuju ke nasional," ujarnya.

Mahyeldi optimistis akan lahir pemain-pemain berbakat dan penuh talenta dan pihaknya bersama PSSI akan memperbanyak kompetisi.

Ia membayangkan pada setiap akhir pekan lapangan sepak bola di Kota Padang akan penuh dengan anak-anak yang berlatih sepak bola.

"Dengan adanya pembinaan usia muda akan mampu melahirkan pesepak bola yang mampu mengisi klub yang ada di Nusantara," ujarnya.

Baca juga: PSSI kembali gelar Liga 1 U-16 hingga U-20 pada 2020

Sementara Ketua Umum PSP Padang Hendri Septa bersyukur atas prestasi yang diperoleh tim dan kemenangan ini adalah berkat kerja sama semua pihak yang berperan dalam pengembangan sepak bola di Padang.

Ia mengatakan pihaknya akan fokus melakukan pembinaan pada usia 15 dan 17 tahun untuk mengikuti kompetisi tingkat nasional.

"Setelah kemenangan ini PSSI berpesan agar Padang fokus membina pesepak bola usia 15 hingga 17 tahun, bisa juga tim hari ini disiapkan untuk laga U 17 dua tahun ke depan," katanya.

Setelah prosesi penyambutan di Bandara Internasional Minangkabau seluruh kesebelasan diarak menuju kota Padang menggunakan kendaraan terbuka.

Turut serta dalam iring-iringan Wali Kota Padang Mahyeldi dan Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa sembari membawa Piala Soeratin.

Sebelumnya pada semifinal, tim PSP Padang U-15 yang diasuh Tri Gustian dan M. Jeki menyingkirkan Jakarta Timur FC U-15 mewakili DKI Jakarta dengan skor 1-0.

Komposisi tim yang berjuluk Pandeka Minang untuk kiper diisi oleh Muhammad Zaky Zahdi , Dicky Aidil Gusdira dan Aldo Fernandi .

Kemudian bek terdiri atas Altaf Hafizun, Daffa Chairi Orakel, Januardi Rahmad Dwi Ananda, Heru Zambari ,Marchel Fajar Ramadhan, Yoga Pratama Idris, Ufo Trinando, Reval Adhitya, Muhammad Touriq, Isya’ Alfiyah Dattul Kahfi dan Adib Arya Putra

Berikutnya gelandang diisi oleh Abraham Febrian, Rizky Rajasa Nasution, Jivaldo Tri Oktorizon, Bima Hidayatullah, Valdezzo D’Batygoal, Hardyansyah, Heru Peprian, Muhammad Zikri Fajri, Haviv Mumtaza, Al Fadhil Gusva Putra dan Zulkifli Yahya.

Sedangkan di posisi penyerang Figo Amri, Angga Pratama, Muhammad Dani Armeza Putra, Muhammad Delon Dwison dan Farhan Habibi.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Saat kiper Timnas bimbing bibit pemain bola

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar