Warga pembakar lahan lahan di Rokan Hilir-Riau diancam proses hukum

Warga pembakar lahan lahan di Rokan Hilir-Riau diancam proses hukum

ARSIP FOTO - Petugas Manggala Agni mencoba padamkan kebakaran lahan gambut di Desa Mumugo, Kabupaten Rohil, Riau, Minggu (17/2/2019). Kebakaran di daerah itu cukup sulit untuk ditangani karena kondisi kering banyak belukar jadi bahan bakar yang potensial terbakar. (FOTO ANTARA/HO-Manggala Agni Daops Pekanbaru).

Harapan saya kepada masyarakat pemilik kebun jangan lagi membakar hutan dan lahan
Rokan Hilir, Riau (ANTARA) - Bupati Rokan Hilir, Provinsi Riau Suyatno mengancam warganya yang kedapatan membakar lahan dan hutan secara ilegal akan diproses hukum karena hal itu melanggar peraturan yang ada.

"Masih ada saja masyarakat saat kita lengah dia membakar lahan dan hutan. Ini yang perlu kita ingatkan kembali kepada masyarakat bahwa ada risiko proses hukum bila kedapatan," katanya di Rokan Hilir, Minggu.

Bahkan untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Bupati Suyatno turut membantu memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di Jalan Bulan Ujung, Kelurahan Bagan Hulu, Kecamatan Bangko.

"Harapan saya kepada masyarakat pemilik kebun jangan lagi membakar hutan dan lahan," katanya.

Bupati menyebutkan soal imbauan, baliho dan lain sebagainya terkait pencegahan karhutla itu sudah sering dilakukan pengumuman-pengumuman.

Bupati saat meninjau sekaligus ikut membantu memadamkan kebakaran lahan di Jalan Bulan Ujung kala itu didampingi Dandim 0321/Rokan Hilir Letkol (Arh) Agung Rakhman Wahyudi, Wakil Ketua DPRD Basiran Nur Efendi, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais dan Camat Bangko Rijalul Fikri.

Suyatno pun memberikan apresiasi epada aparat TNI, Polri, Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), BPBD, dan perusahaan-perusahaan yang ada ikut bersama-sama menangani karhutla.

"Jadi tim yang bergerak ini sangat luar biasa. Sekali lagi saya memberikan apresiasi, terima kasih. Untuk luas lahan yang terbakar itu lebih kurang tiga hektare. Pelakunya sudah ditangkap dan sekarang dalam proses hukum ditangani oleh Polsek Bangko," katanya.

Selain di Jalan Bulan Ujung, Kecamatan Bangko lokasi karhutla juga terjadi di daerah Mumugo, Kecamatan Tanah Putih.

"Jadi tim kita bagi hari ini. Saya sudah koordinasi dengan camat, baik itu Camat Tanah Putih maupun Camat Tanah Putih Tanjung Melawan. Mereka sudah menurunkan tim ke lokasi bersama TNI, Polri di sana. Di Rokan Hilir hanya dua titik saja, Mumugo dan Bangko sendiri," demikian Suyatno.

Baca juga: Satgas udara lanjutkan pemadaman Karhutla di Rokan Hilir

Baca juga: 260 hektare lahan gambut Rohil terbakar

Baca juga: Polres Rohil kerahkan Brimob atasi Karhutla di pesisir Riau

Pewarta: Dedi Dahmudi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Dankor Brimob Polri cek kesiapan pencegahan karhutla di Kalteng

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar