Kendari (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukkam) Mahfud MD mengingatkan kepada mahasiswa agar terus disipilin dalam belajar dan tidak berleha-leha (bersantai) untuk merah kesuksesan.

Mahfud MD menyampaikan hal itu, usai memberikan kuliah umum kepada ribuan mahasiswa Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara, tentang Peran Perguruan Tinggi dalam menyiapkan Indonesia Emas, Ahad.

Baca juga: Menko Polhukam: Kapitalisme dan terorisme ganggu negara

"Mahasiswa harus menjaga kedisiplinan untuk tetap belajar, tidak berleha-leha karena orang bijak itu tidak ada sukses itu yang gratis, semua sukses itu hanya bisa dicapai dengan perjuangan," kata Mahfud MD.

Ia meminta agar mahasiswa merencanakan hidup itu disiplin. Ia mengungkapkan bahwa tidak ada bedanya mahasiswa di Pulau Jawa maupun di Sulawesi Tenggara atau di Sulawesi Selatan. Menurutnya semua mahasiswa peluangnya yang sama untuk meraih kesuksesan.

"Dan terbukti memang orang-orang yang naik berprestasi menjadi orang yang sukses tidak didominasi oleh wilayah tertentu. Dari wilayah mana pun dia. Kalau bisa memanfaatkan peluang yang tersedia bekerja keras itu bisa jadi," tuturnya.
Menko Polhukam, Mahfud MD (tengah depan) saat diwawancara usai memberikan kuliah umum kepada ribuan mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu. (ANTARA/Harianto)


Sehingga, menurut Mahfud yang juga Dewan Penasehat Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Islam Indonesia (UII) ini, seluruh mahasiswa di UHO meningkatkan kedisiplinannya termasuk dalam hal belajar

"Orang-orang di daerah juga berpeluang menjadi orang sukses," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun, mengatakan pihaknya telah menyusun rencana induk pengembangan UHO sampai 2045. Ia juga mengatakan bahwa UHO siap menyiapkan SDM yang siap bersaing.

"Kita meminta kepada setiap mahasiswa agar menyiapkan diri dalam perkembangan zaman," katanya.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020