Jakarta (ANTARA) - Tottenham Hotspur tersungkur di kandangnya sendiri dan dipecundangi oleh Wolverhampton dengan skor 2-3 dalam laga pekan ke-28 Liga Inggris di London, Minggu.

Steven Bergwijn dan Serge Aurier dua kali membawa Tottenham unggul, tetapi tim besutan Jose Mourinho itu gagal membendung gol-gol Matt Doherty, Diogo Jota dan Raul Jimenez yang membawa Wolverhampton membalikkan keadaan, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Mourinho tak bisa mengeluh walau Tottenham takluk di Stamford Bridge

Akibat hasil itu, Wolverhampton praktis melompati Tottenham di klasemen. Wolverhampton kini menempati urutan keenam dengan raihan 42 poin, unggul dua poin atas Tottenham yang turun ke posisi ketujuh.

Tottenham membuka keunggulan lewat peluang berbahaya pertama yang terjadi dalam pertandingan tersebut pada menit ke-13 ketika Bergwijn menyambar bola muntah hasil penyelamatan tak sempurna kiper Rui Patricio atas tembakan Bamidele Alli.

Tertinggal satu gol, Wolverhampton sukses membalas dan menyamakan kedudukan pada menit ke-27 lewat aksi kerja sama satu dua sentuhan antara Ruben Vinagre dan Jota, yang diakhiri penyelesaian manis Doherty di muka gawang.

Tottenham merebut kepemimpinan lagi tepat di pengujung babak pertama ketika Aurier menari melewati barisan pertahanan Wolverhampton sebelum melepaskan tembakan kaki kiri yang bersarang ke pojok tiang jauh.

Tuan rumah hampir menambah keunggulan pada menit ke-55 ketika Alli berdiri bebas demi menyambut umpan silang, tetapi sundulannya melenceng dari sasaran. Alli mungkin akan menyesali kegagalannya tersebut, sebab Wolverhampton kemudian bangkit dan membalikkan keadaan.

Baca juga: FA perkarakan Dele Alli karena prank Virus Corona

Hanya dua menit setelah kegagalan Alli, Wolverhampton menyamakan kedudukan lewat tembakan Doherty yang tak diantisipasi sempurna oleh kiper Paulo Gazzaniga dan bola jatuh di hadapan Jota yang tinggal menyonteknya untuk membuat skor imbang 2-2.

Wolverhampton menuntaskan misi membalikkan keadaan pada menit ke-73 melalui sebuah serangan balik dan Jimenez memperdaya Japhet Tanganga sebelum melepaskan tembakan yang hampir tak mungkin diselamatkan Gazzaniga. Wolverhampton tiga, Tottenham dua.

Tottenham hampir tak punya peluang berarti pada sisa waktu yang ada, malah gawang mereka terancam lagi semenit jelang bubaran ketika Pedro Neto memperlihatkan aksi individual menawan sebelum mengirim umpan kepada Jimenez. Sayangnya tembakan penyelesaian Jimenez masih melenceng dari sasaran.

Baca juga: VAR selamatkan MU dari kekalahan kontra Everton
Baca juga: Lima senjata Watford yang tumbangkan Liverpool


Susunan pemain:

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Paulo Gazzaniga; Serge Aurier (Gedson Fernandes), Davinson Sanchez, Japhet Tanganga (Tanguy NDombele), Ben Davies (Troy Parrott); Eric Dier, Harry Winks; Steven Bergwijn, Dele Alli, Giovani Lo Celso; Lucas Moura
Pelatih: Jose Mourinho

Wolverhampton (3-4-3): Rui Patricio; Willy Boly, Conor Coady, Romain Saiss; Matt Doherty, Ruben Neves, Joao Moutinho, Ruben Vinagre; Adama Traore (Pedro Neto), Raul Jimenez (Daniel Podence), Diogo Jota (Leander Dendoncker)
Pelatih: Nuno Espirito Santo

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020