Jakarta (ANTARA) - Pelatih asal Spanyol Pep Guardiola berhasil menambah koleksi trofi juaranya setelah menuntun Manchester City mengangkat Piala Liga Inggris (Carabao), seusai mengalahkan Aston Villa 2-1 di Wembley, Minggu waktu setempat.

Menurut laporan Bleacher Report, secara keseluruhan Guardiola telah memenangi total 29 trofi selama 11 tahun berkarier sebagai pelatih tim untuk Barcelona, Bayern Munchen dan Man City.

Bermain sebagai tim favorit, City unggul terlebih dahulu berkat dua gol yang dicetak Sergio Aguero dan Rodri dalam setengah jam pertama. Sedangkan satu-satunya gol balasan Villa diciptakan Mbwana Samatta di menit-menit akhir babak pertama.

Baca juga: Manchester City juara Piala Liga triruntun usai atasi Aston Villa 2-1

Bagi Guardiola ini adalah trofi Carabao ketiga berturut-turut atau secara total trofi kedelapannya bersama Manchester City sejak bergabung pada musim panas 2016.

Selain tiga kali juara Carabao, pelatih kelahiran Katalunya itu telah dua kali juara Liga Premier Inggris, satu Community Shield serta satu Piala FA di Etihad.

"Tiga kali beruntun itu adalah sebuah kesuksesan besar," ujar Guardiola dikutip BBC. "Konsistensinya, luar biasa."

Baca juga: Daftar juara Piala Liga, Man City dekati singgasana Liverpool

"Ini mengagumkan. Kami kesulitan di menit-menit awal dan menit-menit terakhir. Mereka memiliki dua peluang bagus di menit-menit awal tetapi kami bermain dengan sangat baik, terutama di babak kedua."

Trofi terbanyak diraih Guardiola adalah saat melatih Barcelona dengan 14 trofi termasuk tiga gelar La Liga, dua Copa del Rey dan tiga Liga Champions. Kemudian tujuh bersama Bayern, termasuk tiga Bundesliga dan dua Piala DFB.

Baca juga: Zidane sanjung Guardiola pelatih terbaik di dunia

Baca juga: Pep senang, Zidane kecewa

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020