Warga Manokwari siaga antisipasi banjir

Warga Manokwari siaga antisipasi banjir

Debit air di Sungai Wosi, Kabupaten Manokwari Papua Barat, meningkat saat hujan lebat melanda daerah tersebut pada Senin (2/3/2020). ANTARA/Toyiban/am.

Manokwari (ANTARA) - Warga Manokwari, Papua Barat, terutama yang berada sekitar bantaran sungai Wosi di Distrik/Kecamatan Manokwari Barat bersiaga mengantisipasi banjir luapan sungai tersebut.

Pantauan ANTARA, Senin, warga di sejumlah titik sekitar bantaran sungai Wosi saat ini mulai memantau lingkungan sekitar dan mengamati setiap saluran air di sekitar rumah mereka.

Di sejumlah titik, sekitar Wosi saat ini sudah terendam banjir, antara lain Jl.Nusantara, Jl.Trikora Wosi, Jl Pasir serta Pertigaan Jl Pertanian Wosi. Di Kampung Jawa air pun sudah mulai masuk di permukiman warga.

Terpantau pula, Tim Search and Rescue dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manokwari mulai melakukan patroli. Itu dilakukan sebagai reaksi cepat SAR untuk membantu warga yang membutuhkan evakuasi.

Baca juga: Sejumlah rumah di Manokwari terendam banjir

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merillis, empat daerah di Provinsi Papua Barat pada Senin (2/3) ini sedang diguyur hujan lebat. Hujan diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 10:10 WIT.

Hujan lebat ini terjadi di Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Teluk Bintuni dan Teluk Wondama. Diperkirakan akan meluas hingga wilayah Kabupaten Maybrat, Tambrauw dan Sorong Selatan.

BMKG mencatat hujan terjadi sejak pukul 07:30 WIT dan diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 10:10 waktu setempat.

Kepala BMKG Stasiun Rendani Manokwari, Denny Putiray, Senin menyebutkan sejak pagi pukul 07:00 hujan di daerah tersebut tertakat mencapai 131.7mm.

Hingga saat ini, hujan masih berlangsung di Manokwari. Sejumlah jadwal penerbangan pesawat dari dan menuju daerah tersebut tertunda karena faktor cuaca.

Baca juga: Tim SAR masih bersiaga antisipasi banjir susulan di Manokwari

Pewarta: Toyiban
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Bantuan alkes dari Gugus Tugas COVID-19 tiba di Manokwari

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar