Jakarta (ANTARA) - Ragam berita politik yang terjadi Minggu (1/3) disiarkan ANTARAnews.com dan masih dapat dibaca kembali untuk mengawali informasi Anda pada pekan ini, di antaranya:

1. Kongres Umat Islam Indonesia desak Presiden Jokowi bubarkan BPIP

Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ke-VII di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendesak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk membubarkan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), karena keberadaan BPIP tersebut tidak diperlukan lagi.

"Kami mendesak presiden untuk mengembalikan penafsiran Pancasila kepada MPR, sebagaimana diamanatkan dalam sila ke-4 dalam Pancasila," kata Wakil Ketua Umum MUI Pusat, KH Muhyiddin Junaidi saat penutupan KUII ke-VII di Pangkalpinang, Jumat malam.

Baca selengkapnya

2. Ada kejutan pada personalia pengurus DPP PAN

Politisi PAN, Totok Daryanto, mengatakan Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, telah menandatangani surat keputusan terkait susunan kepengurusan partai tersebut periode 2020-2025 dan akan ada kejutan dalam susunan kepengurusannya.

Baca selengkapnya

3. Tito terbitkan Permendagri tentang Pembentukan Dinas Pemadam Kebakaran

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah mengeluarkan Peraturan Mendagri Nomor 16 Tahun 2020 yang mengatur tentang payung hukum Pembentukan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di tingkat pemerintah daerah mulai dari provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

"Sebagai pembina umum dan teknis penyelenggara sub urusan kebakaran dengan berpedoman kepada berbagai peraturan yang ada selaku Mendagri, saya telah menetapkan Permendagri Nomor 16 Tahun 2020 tentang Pedoman Nomenklatur Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan provinsi dan kabupaten kota," kata Mendagri di Yogyakarta, Minggu.

Baca selengkapnya

4. Mendagri: UU Pemda tempatkan kebakaran urusan wajib pelayanan dasar

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian menyatakan bahwa Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menempatkan kebakaran sebagai salah satu urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar.

"Kebakaran merupakan salah satu sub urusan dari urusan wajib pelayanan dasar di bidang ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat," kata Mendagri dalam Upacara Peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional ke-101 di Stadion Sultan Agung Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu.

Baca selengkapnya

5. Pangdam I/BB menyampaikan permohonan maaf kepada personel Polri

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah menyampaikan permohonan maaf kepada personel Polri maupun warga masyarakat sipil terkait kejadian kesalahpahaman antara Danki Senapan A Yonif 123/RW dengan Kapolsek Pahae Julu, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Kamis (27/2).

"Saya cukup sedih karena kejadian seperti ini seharusnya tidak boleh terjadi," ujar Pangdam I/BB bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, saat berkunjung ke Polsek Pahae Julu di Desa Janji Natogu, Kecamatan Pahae Julu, Kabupaten Tapanuli Utara, Minggu.

Baca selengkapnya

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020