Lawan COVID-19 melalui makanan ini, rempah hingga kerang

Lawan COVID-19 melalui makanan ini, rempah hingga kerang

Ilustrasi makanan sehat (pixabay.com) (pixabay.com/)

Jakarta (ANTARA) - Menjaga daya tahan tubuh tetap kuat bisa menjadi cara mencegah tubuh terinfeksi virus, termasuk corona baru atau COVID-19 yang belakangan diketahui sudah ditemukan di Indonesia.

Dokter spesialis penyakit dalam dari RSCM, Iris rengganis mengatakan, saat daya tubuh melemah maka bakteri dan virus termasuk COVID-19 rentan masuk ke tubuh.

Menurut dia, menerapkan pola hidup sehat antara lain beristirahat yang cukup, minum cukup air putih bisa menjaga sistem kekebalan tubuh.

Selain melalui aktivitas fisik, sistem imun tubuh juga bisa dikuatkan dengan konsumsi sejumlah makanan bernutrisi mulai dari buah-buahan, sayuran hingga rempah-rempah.

Apa saja itu? Berikut beberapa di antaranya:

1. Buah-buah citrus

Buah-buahan seperti jeruk, anggur, lemon mengandung vitamin C yang bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C, seperti dilansir Healthline bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat menjadi kunci melawan infeksi.

2. Paprika merah

Tak hanya buah-buah citrus, sayuran seperti paprika merah juga mengandung vitamin C, ditambah beta karoten. Selain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C dan beta karoten juga bagus untuk kulit.


Baca juga: Perlukah orang sehat pakai masker demi cegah corona?

Baca juga: Disinformasi virus corona, paket dari China mengandung virus

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ada bilik disinfektan otomatis buatan mahasiswa Kalimantan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar