Kita sudah melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat yang datang dari luar negeri, termasuk dari negara Malaysia dan Singapura, baik itu di bandara maupun di pelabuhan laut yang ada di Provinsi Riau
 Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru membentuk Tim Penanggulangan Pencegahan Virus Corona (COVID-19) mengingat saat ini virus tersebut kian menyebar ke berbagai negara.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Senin, mengatakan Pemprov Riau telah mempunyai tiga rumah sakit rujukan yang siap melakukan penanganan apabila terjadi kasus virus corona di daerah itu.

Rumah sakit rujukan tersebut, yaitu RSUD Arifin Achmad di Pekanbaru, RSU Puri Husada di Tembilahan, serta RSU di Kota Dumai.

"Hal ini berdasarkan peraturan menteri kesehatan (permenkes) yang mengaktifkan kembali 100 RS rujukan yang sudah ada SK Menkes Nomor 414 Tahun 2017," katanya.

Baca juga: DPR minta pemerintah serius atasi Covid-19

Ia berharap, kasus virus corona tidak terjadi di Provinsi Riau sehingga masyarakat dalam kondisi yang baik dan bisa menjalani aktivitas sehari-hari, tanpa rasa khawatir.

"Kita berdoa bersama-sama supaya kasus ini tidak terjadi di Provinsi Riau," ujarnya.

Mimi mengatakan Pemerintah Provinsi Riau saat ini telah melakukan antisipasi kesiapsiagaan dalam pencegahan penyebaran virus corona.

"Kita sudah melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat yang datang dari luar negeri, termasuk dari negara Malaysia dan Singapura, baik itu di bandara maupun di pelabuhan laut yang ada di Provinsi Riau," katanya.

Ia mengungkapkan semua masyarakat yang datang atau berkunjung ke Riau, melalui pintu masuk bandara ataupun pelabuhan, terlebih dahulu harus melakukan pemeriksaan suhu tubuh.

"Semua masyarakat, baik itu warga negara asing (WNA) maupun warga negara Indonesia (WNI), kita lakukan pemindaian suhu tubuh dengan peralatan body scanner dan thermal scammer," katanya.

Dia juga mengimbau masyarakat menjaga kebersihan agar terhindar dari COVID-19, antara lain dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker bila bepergian keluar, serta menjaga kebugaran tubuh.

Baca juga: Tangani COVID-19, Ombudsman: Yang penting jangan ada korban jiwa
Baca juga: Menkes: WNI positif Covid-19 saat berdansa di Paloma Jakarta
Baca juga: Muhammadiyah siapkan rumah sakit tangani virus corona

Pewarta: Riski Maruto
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020