PT KCI juga menyiagakan petugas On Train Cleaning (OTC) yang secara rutin menjaga kebersihan di dalam perjalanan KRL
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), operator moda transportasi KRL Commuter Line, melakukan berbagai macam kegiatan terkait sosialisasi dan antisipasi pencegahan penyebaran virus corona di sejumlah stasiun.

VP Corporate Communication PT KCI Anne Purba dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, mengatakan petugas kesehatan perusahaan telah membagikan masker gratis kepada pengguna jasa KRL pada 3 Februari 2020, serta melakukan sosialisasi dan edukasi tentang cara mencuci tangan yang bersih, etika bersin/batuk di tempat umum, serta pemasangan media sosialisasi terkait virus corona dan pencegahannya di 80 stasiun KRL.

"Pembagian masker gratis kepada pengguna jasa, pada tanggal 3 Februari lalu serentak dilakukan pembagian masker gratis di Stasiun Tanah Abang, Bogo, Juanda, Kebayoran, Bekasi, Sudirman, Sudimara, Manggarai, Cakung, Tebet, Jakarta Kota, Duri, Depok Baru, Cikini, Gondangdia, Pasar Minggu, Serpong, Klender, Rangkasbitung, Maja, Parung Panjang, Bojong Gede, Depok, Tangerang," kata Anne.

Pembagian masker gratis dilanjutkan pada tanggal 12 Februari 2020 di Stasiun Cikarang, Lenteng Agung, Cisauk, Kampung Bandan, dan Bekasi Timur. Pembagian masker juga dilakukan pada tanggal 13 Februari lalu di Stasiun Kranji, Palmerah, Mangga Besar, Citayam, Duren Kalibata, dan Jurang Mangu. Kegiatan pembagian masker ini terus dilakukan sampai saat ini kepada pengguna jasa.

Tidak hanya sosialisasi dan edukasi dalam hal penyiapan sarana KRL, sebelum dan sesudah beroperasi dilakukan pencucian kereta dengan standar kebersihan yang sudah ditetapkan dan menggunakan bahan kimia tertentu yang mengandung bahan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus.

"PT KCI juga menyiagakan petugas On Train Cleaning (OTC) yang secara rutin menjaga kebersihan di dalam perjalanan KRL," imbuh Anne.

PT KCI juga secara rutin melakukan imbauan melalui akun media sosial @commuterline serta pengumuman announcer stasiun dan di KRL terkait pencegahan penyebaran virus corona, menjaga kebersihan lingkungan stasiun dan kereta, serta imbauan menggunakan masker saat sedang flu, batuk atau dalam masa penyembuhan, serta larangan meludah sembarang di area stasiun dan di kereta.

Saat ini, anak perusahaan PT KAI itu sedang menyiapkan pengumuman terkait pencagahan penyebaran virus corona di PID/TV KRL untuk bisa disosialisasikan langsung kepada pengguna jasa.

Tak hanya itu, bagi para pengguna jasa KRL yang mempunyai keluhan kesehatan dapat juga mengunjungi pos kesehatan yang tersebar di 30 stasiun.

"Petugas kesehatan akan melakukan pemeriksaan kepada pengguna jasa KRL yang memiliki keluhan. Apabila keluhannya berat, petugas kesehatan akan mendampingi hingga mendapatkan rujukan ke rumah sakit terdekat," ujar Anne.




Baca juga: MRT Jakarta akan larang masuk penumpang dengan gejala demam tinggi
Baca juga: Cegah corona, MRT Jakarta keluarkan sejumlah kebijakan
Baca juga: Menhub minta sektor transportasi intensif antisipasi Virus Corona

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020