Pemkot Depok akan lakukan desinfeksi perumahan pasien positif Covid-19

Pemkot Depok akan lakukan desinfeksi perumahan pasien positif Covid-19

Kadiskominfo Kota Depok (kiri) ketika menjelaskan langkah-langkah Pemkot Depok atasi penyebaran virus Covid-19. ANTARA/Feru Lantara

diharapkan warga sekitar tidak melakukan aktivitas sejak hari ini
Depok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Jawa Barat akan melakukan penyemprotan desinfektan di rumah pasien yang positif virus corona atau Covid-19 dan juga rumah warga sekitar yang juga sering berinteraksi.

"Penyemprotan desinfektan ini merupakan salah satu cara agar virus tidak tidak menyebar luas," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Depok, Sidik Mulyono di Depok, Senin.

Pemkot Depok juga mengimbau kepada warga perumahan Perum Studio Alam Indah untuk sementara melakukan isolasi selama 14 hari terlebih dahulu karena masa inkubasi virus tersebut adalah 14 hari.

"Diharapkan warga sekitar tidak melakukan aktivitas sejak hari ini," katanya.

Baca juga: Legislator minta Kemendikbud berikan edukasi pencegahan COVID-19
Baca juga: Menko PMK minta masyarakat tidak panik terhadap kasus COVID-19


Sidik juga menjelaskan maka Dinas Kesehatan Kota Depok akan mengirim petugas dengan menggunakan alat kesehatan untuk memantau semua suhu tubuh warga perumahan pagi dan sore.

Sidik juga memastikan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak keamanan seperti polisi dan TNI untuk memastikan keamanannya.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan dua warga Depok yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona merupakan ibu dan anak yang berturut-turut berusia 64 tahun dan 31 tahun.

"Ada WN Jepang yang tinggal di Malaysia, melakukan perjalanan ke Indonesia, kembali ke Malaysia setelah beberapa hari sakit, maka dicek di sana, kena monitor, dikatakan COVID-19 positif, pemerintah Malaysia menghubungi kita, kita lakukan tracking (pelacakan), melakukan close contact (kontak dekat) dengan pasien ini, kita tindak lanjuti, sistem di sini berjalan," katanya.

Baca juga: Menkes: Tidak semua orang kontak langsung menjadi sakit
Baca juga: Anies melarang warga bergejala corona datang ke RS dan Puskesmas


Menurut Menkes, petugas sudah melakukan pengecekan ke rumah ibu dan anak yang terinfeksi virus corona di Depok.

"Rumahnya kita cek sehingga kita bawa dua-duanya ibu dan anak, umur 64 tahun dan 31 tahun. Sesuai prosedur, Dinas Kesehatan setempat melakukan pemantauan dan isolasi rumah," kata Terawan.

Baca juga: BAZNAS-FOZ bentuk pusat krisis cegah Corona
Baca juga: Istana ambil langkah khusus agar masyarakat tak panik hadapi corona
Baca juga: Menkes: Yang pakai masker itu yang sakit

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Layanan darurat, tentara Brazil mengirim oksigen ke Amazonas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar