Kami dirikan pos penjagaan dengan pemasangan tenda pengamanan sekaligus menerjunkan 1 SST personel Polres Jember dan menambah kekuatan personel BKO Dari Satuan Brimob Polda Jatim di Kabupaten Bondowoso
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor Jember menyiagakan personel pengamanan di lokasi amblesnya Jalan Sultan Agung dan ambruknya rumah toko (ruko) di kawasan Jompo akibat amblesnya jalan nasional di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin.

"Kami dirikan pos penjagaan dengan pemasangan tenda pengamanan sekaligus menerjunkan 1 SST personel Polres Jember dan menambah kekuatan personel BKO Dari Satuan Brimob Polda Jatim di Kabupaten Bondowoso," kata Wakapolres Jember Kompol Wyndi Syafutra saat melakukan pengecekan kesiapan pengamanan di Jalan Sultan Agung Jember.

Baca juga: Polda Jatim turunkan tim selidiki ruko ambruk di Jember

Menurutnya penambahan kekuatan personel di lokasi untuk membantu pengamanan selama proses perbaikan di bantaran Kali (sungai) Jompo di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember.

"Polres Jember berupaya merespon cepat dengan melakukan langkah-langkah antisipatif karena hingga saat ini warga terus berdatangan setelah informasi ambruknya ruko di kawasan Jompo menjadi viral di media sosial," tuturnya.

Ia mengatakan kedatangan warga untuk melihat dari dekat dan ingin tahu amblesnya Jalan Sultan Agung yang berdampak pada ambruknya sejumlah bangunan ruko, namun warga tetap diimbau tidak terlalu dekat dengan lokasi terdampak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan berbahaya karena kondisi tanah tidak stabil.

Baca juga: Polisi olah TKP terkait amblesnya jalan di Jember Jatim

"Kami juga mendirikan posko dan tenda untuk menyiagakan personel lalu lintas guna memantau situasi arus lalu lintas karena mengingat Jalan Sultan Agung merupakan jalan protokol yang sangat penting di wilayah kawasan perkotaan," ujarnya.

Jalan Sultan Agung yang merupakan ruas jalan nasional di Kabupaten Jember ambles sepanjang sekitar 94 meter dan lebar 10 meter hingga menyebabkan sebanyak 10 ruko di kawasan tersebut ambruk ke sungai dan belasan ruko lainnya terancam ambruk juga karena kondisinya tidak stabil, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu karena sebagian besar ruko sudah dikosongkan.

Baca juga: Jember tetapkan status darurat bencana terkait jalan ambles

Baca juga: 10 rumah toko ambruk akibat Jalan Sultan Agung Jember ambles

Baca juga: Jalan Sultan Agung di Jember ambles akibat tingginya curah hujan

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020