Jakarta (ANTARA) - Terdapat beberapa berita politik kemarin (Senin, 2/3) yang menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca, diawali Bawaslu yang menerima 24 sengketa bakal calon perseorangan hingga seputar Corona di Indonesia.

Berikut sejumlah berita politik kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini:

Bawaslu terima permohonan sengketa 24 bakal calon perseorangan

Badan pengawas pemilu menerima sebanyak 24 permohonan penyelesaian sengketa dari bakal calon perseorangan Pilkada 2020 yang persyaratan dukungannya ditolak KPU pada tahapan penerimaan syarat dukungan minimal beberapa waktu lalu.

"Kami merekap sengketa pencalonan Pilkada 2020 total keseluruhan 24 permohonan penyelesaian sengketa. Dan ada kemungkinan bertambah," kata Komisioner Bawaslu Rahmat Bagja, di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini


AJI Jakarta imbau media perhatikan keselamatan jurnalis liput Corona

AJI Jakarta meminta media agar memperhatikan keselamatan jurnalisnya saat meliput pasca pengumuman Presiden Joko Widodo kepada publik bahwa dua warga negara Indonesia positif terkena virus Corona (Covid-19).

Ketua AJI Jakarta Asnil Bambani, dalam siaran persnya, Senin, menyatakan bahwa pers nasional dalam Undang-Undang Pers nomor 40 tahun 1999 memiliki peran sebagai media informasi, pendidikan, dan kontrol sosial.

Selengkapnya di sini


DPR minta TNI-Polri turut antisipasi penyebaran virus Corona

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni, meminta agar TNI dan Polri untuk melakukan pengamanan secara nyata untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. "Dua instansi ini juga memiliki peran vital terkait antisipasi dampak penyebaran Virus Corona," kata Sahroni, di Jakarta, Senin.

Polri, lanjut dia, bisa melakukan patroli siber atas informasi hoaks penyebaran virus Corona dan dapat melakukan sosialisasi pencegahan hingga penindakan terhadap mereka yang berupaya melakukan pelanggaran hukum seperti penimbunan masker, ataupun penyelundupan, khususnya dari negara yang telah dinyatakan terdampak.

Selengkapnya di sini


Danlantamal III ikut evakuasi 69 WNI ABK Diamond Princess

Kepala Dinas Penerangan Pangkalan Utama TNI AL III/Jakarta, Mayor Khusus Aripudin, menyatakan, komandan dan jajaran pangkalan TNI AL itu mengikuti proses pemindahan 69 WNI yang merupakan anak buah kapal pesiar Diamond Princess yang terkena wabah virus Corona.

WNI ABK Diamond Princess itu diberangkatkan memakai KRI Suharso -990 dari dermaga Pelabuhan PLTU Indramayu ke Pulau Sebaru Kecil di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini


Wakil Ketua MPR minta pemerintah tegaskan status Indonesia soal corona

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta pemerintah meyakinkan dunia internasional mengenai status Indonesia terkait wabah virus corona jenis terbaru (Covid-19).

“Sejumlah negara mempertanyakan status Indonesia. Terakhir diberitakan Departemen Kesehatan Australia memasukkan Indonesia ke dalam daftar negara yang diwaspadai bersamaan dengan China, Iran, Italia, dan Korea Selatan (Korsel),” ungka Lestari dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020