Corona bikin batal ke luar negeri? Coba wisata alternatif dalam negeri

Oleh Maria Cicilia

Corona bikin batal ke luar negeri? Coba wisata alternatif dalam negeri

Obyek wisata Pantai Menganti (ANTARA/RedDoorz)

Jakarta (ANTARA) - Di antara Anda, mungkin ada yang terpaksa membatalkan perjalanan liburan ke luar negeri seperti Singapura, Thailand, Korea Selatan dan Jepang karena khawatir wabah virus corona yang melanda dunia.

Tidak salah jika Anda memilih menahan diri untuk tidak bepergian ke negara-negara yang berisiko atau ke tempat wisata dalam negeri yang ramai dikunjungi turis mancanegara. Meski demikian, Indonesia memiliki banyak wisata alternatif anti-mainstream yang tidak kalah menarik untuk dijelajahi.

Apalagi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Rabu (26/2) telah memastikan pemberian insentif pada sektor pariwisata guna mengatasi dampak penyebaran virus corona dengan memberikan potongan harga atau diskon terhadap tarif tiket pesawat hingga 50 persen.

"Kita perkirakan diskon tiket pesawat bisa mencapai 50 persen yaitu 30 persen dari pemerintah dan 20 persen dari perusahaan airline," kata Menteri Keuangan kala itu.

Sri Mulyani mengatakan pemerintah telah menyiapkan alokasi sebesar Rp443,9 miliar untuk potongan harga atau diskon harga tiket sebesar 30 persen bagi 25 persen dari jumlah seat pesawat.

Ia juga mengingatkan perusahaan maskapai agar memberikan diskon tersendiri bagi para wisatawan, bukan menggunakan insentif yang diberikan pemerintah sebagai penggantinya.

Berikut ini adalah beberapa destinasi pilihan di dalam negeri yang bisa dikunjungi berdasarkan rekomendasi RedDoorz melalui keterangan resmi yang diterima pada Selasa:

1. Pontianak, Kalimantan Barat
 
Kopi legenda Koh Asiang (ANTARA/RedDoorz)


Pontianak merupakan kota yang cocok bagi para pemburu kuliner. Kota ini menyimpan berbagai menu makanan unik yang wajib dicoba, salah satunya adalah Ce Hun Tiaw, jajanan es campur ala Pontianak yang khas.

Ce Hun Tiaw disajikan bersama sagu potong yang dicampur dengan kacang merah, ketam hitam, mutiara dan bongkon(ati pari). Kudapan lain yang harus coba juga adalah es krim Angi. Disuguhkan pada batok kelapa dan secangkir kopi legenda Koh Asiang yang dibuat dengan metode Hainan atau ditarik-ulur hingga berbuih.

Baca juga: Kampung Wisata Caping destinasi baru di Kota Pontianak

Baca juga: Pengusaha travel Sanggau kebanjiran pesanan jelang Natal Tahun Baru


Baca juga: Cap Go Meh genjot wisata Pontianak

Oleh Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pantai Menganti Kebumen, wisata alternatif jalur lintas selatan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar