Bamsoet yakin keamanan Papua kondusif hingga PON XX

Bamsoet yakin keamanan Papua kondusif hingga PON XX

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (menggunakan topi) saat meninjau Stadion Papua Bangkit yang akan digunakan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Jayapura, Papua, Selasa. (Imam B)

Jayapura, Papua (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meyakini kondisi keamanan di Papua akan tetap terjaga dan kondusif hingga pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX selesai sehingga even empat tahun sekali itu berlangsung aman.

"Sepanjang kunjungan kami di sini bahkan laporan intelijen, suasana keamanan Papua kondusif. Kita harapkan itu terus berlangsung, pelaksanaan PON, dan seterusnya," kata Bamsoet saat meninjau Stadion Papua Bangkit di Jayapura, Papua, Selasa.

Dia mengatakan tujuan dirinya dan Pimpinan DPR serta DPD RI ke Papua selama tiga hari adalah ingin mendorong langkah penyelesaian Papua secara permanen dengan peningkatan keadilan, kesejahteraan, dan kebudayaan.

Menurut dia, apa yang terjadi di Papua beberapa hari ini, harus dilakukan dengan langkah persuasif dengan merangkul dan mengajak warga Papua untuk membangun daerahnya bersama-sama.

"Kita ajak membangun Papua bersama-sama, ini adalah negeri kita bersama. Kami mendorong bahwa Papua merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Indonesia, semua rakyat memiliki kepentingan yang sama yaitu menjaga perdamaian di dunia," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bamsoet menilai persiapan pelaksanaan PON XX Papua sudah baik misalnya bangunan Stadion Papua Bangkit yang dinilainya luar biasa.

Hal itu menurut dia karena arsitektur bangunannya bergaya etnik dan megah, rumput yang berasal dari Italia sehingga menjadi kebanggaan tidak hanya untuk masyarakat Papua namun Indonesia.

"Stadion yang dibangun dengan anggaran Rp1,7 triliun ini diharapkan bisa mengangkat nama Papua ke kancah internasional dan juga mendorong anak-anak muda serta atlet-atlet Papua lebih semangat untuk menjadi juara, tidak hanya di level nasional namun juga internasional," katanya.

Politisi Partai Golkar itu mengatakan dirinya juga sempat melihat kolam renang akuatik yang akan digunakan dalam PON XX, dengan fasilitas standar internasional.

Dia berharap para atlet Papua semakin bersemangat untuk menorehkan prestasi di level nasional dan internasional.

Baca juga: Kemenkopolhukam minta bantuan TNI AD pengamanan PON XX Papua

Baca juga: Tito beberkan alasan PON Papua juga diadakan di Jatim

Baca juga: Dinkes Papua minta malaria dipastikan aman sebelum penyelenggaraan PON

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wakil Ketua MPR sarankan capres pernah pimpin lingkup daerah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar