Jayapura (ANTARA) - Kementerian Kesehatan menetapkan tiga rumah sakit di Provinsi Papua untuk menjadi rujukan penanganan terhadap virus corona (Covid-19).

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr Silwanus Sumule di Jayapura, Selasa, mengemukakan ke tiga rumah sakit itu adalah RSUD Jayapura, RSUD Merauke, dan RSUD Nabire.

Tiga rumah sakit ini menjadi rumah sakit rujukan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan untuk penanganan wabah penyakit ini.

"Peralatan di tiga rumah sakit ini kita siapkan, ruang ICU kita siapkan, ruang isolasi kita siapkan, dukungan obat-obatan juga sudah kita siapkan semuanya," kata Silwanus.

Baca juga: Kapal RRT masuk Manokwari dilakukan pemeriksaan berlapis

Baca juga: HPI Raja Ampat keluarkan edaran untuk pemandu terkait waspada COVID-19

Baca juga: Resor asing larang operator wisata lokal kunjungi kawasan Raja Ampat


Menurut dia, Dinas Kesehatan Papua juga menyiapkan masker yang siap dibagikan jika dibutuhkan oleh warga.

Menteri Kesehatan sudah menyatakan bahwa yang menggunakan masker itu adalah orang yang sakit, sementara yang sehat tidak perlu menggunakan masker.

"Kita punya masker, tersedia siap di baver stok obat, jadi kalau masyarakat membutuhkan, kita siap membagikan," katanya.

Meskipun tiga rumah sakit di Papua sudah ditetapkan untuk penanganan Covid-19, kata dia, namun kini yang perlu dilakukan adalah upaya mencegah, yakni mencuci tangan, makanan dan daging yang dimasak matang, berolahraga dan makan makanan yang bergizi.

"Yang paling penting, kalau ada batuk-batuk, kesulitan bernafas, demam tinggi dan orang lalu kontak dengan orang yang sama, kami menyarankan untuk segera mencari layanan kesehatan di semua tempat, karena kita siap untuk hal itu," kata dia.*

Baca juga: Upaya cegah COVID-19, PMI Papua sebar ribuan masker pada warga

Baca juga: Mahasiswa Papua kuliah di China berterima kasih kepada Presiden

Baca juga: 91 TKA asal China berada di pabrik semen Manokwari

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020