Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Ajang Mandiri Sungailiat Triathlon 2020 yang digelar Pemkab Bangka, Provinsi Bangka Belitung pada 11 April mendatang menargetkan 500 peserta dari 18 negara.

"Total hadiah yang disiapkan untuk juara Mandiri Sungailiat Triathlon 2020, sebesar Rp372 juta dengan target 500 peserta dari 18 negara," kata penanggung jawab  Mandiri Sungailiat Triathlon 2020, Budi Pamungkas, Senin.

Tahun lalu, ajang yang sama diikuti atlet dari 16 negera.

Baca juga: Sungailiat Triathlon 2019 dinilai berjalan sukses

Tercatat, sampai Senin (2/2) sore sudah terdapat 62 peserta dari dalam negeri yang memastikan ikut dalam ajang Mandiri Sungailiat Triathlon 2020.

Budi mengatakan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan dengan sejumlah katagori dimulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB.

"Kegiatan triathlon dikemas dengan katagori duathlon, trianthlon dan Entertainment," katanya.

Menurutnya, khusus entertainment dilaksanakan pada malam hari dengan kegiatan hiburan sanggar seni budaya, seperti senam bedincak, barangsoi dan seni bela diri.

Sementara itu, Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Selasa, mengatakan pelaksanaan kegiatan triathlon menghadapi tantangan yang cukup berat karena berhadapan dengan kasus virus corona.

"Saya berharap melalui penyelenggara kegiatan, meskipun tantangan yang dihadapi cukup berat namun tidak mengurangi tujuan kegiatan yakni mempromosikan kepariwisataan di Kabupaten Bangka ketingkat nasional dan Internasional," jelasnya.

Baca juga: 16 negara berpartisipasi di ajang Sungailiat Triathlon 2019

Dia optimis, dengan kerja sama yang kuat antara pemerintah daerah dengan pihak penyelenggara, kegiatan Mandiri Sungailiat Triathlon 2020 yang ditetapkan pada 11 April 2020, diyakini akan berjalan lancar.

"Saya optimis, pelaksanaan Mandiri Sungailiat Triathlon 2020 dapat berjalan dengan lancar meskipun terdapat sejumlah negara di dunia yang tidak dapat mengikuti ajang tersebut karena virus corona," katanya.

Bupati menginginkan agar pelaksanaan Mandiri Sungailiat Triathlon 2020 dapat dilaksanakan lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya, termasuk partisipasi masyarakat untuk menyaksikan even tahunan ini.

"Kami akan melakukan perbaikan jalan lintasan yang akan dilalui peserta Triatlhon agar dapat berjalan lancar, seperti memperbaiki jalan yang bergelombang dan lainnya," jelas bupati.

Baca juga: Sungailiat Triathlon targetkan 600 peserta

Pewarta: Kasmono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020