Medan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan membentuk tim khusus untuk mengantisipasi penyebaran virus corona  atau COVID-19 .

"Tim khusus akan dibentuk di 33 kabupaten kota se-Sumut," ujar Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah usai Rapat Koordinasi Lintas Sektor untuk Mengantisipasi Penyebaran Covid-19, di Medan, Selasa.

Baca juga: Cegah Corona, Erick instruksikan rumah sakit BUMN bentuk crisis center

Tim dibentuk untuk bisa lebih cepat dan maksimal dalam menangani warga yang terdeteksi mengidap COVID-19.

Pemprov Sumut, katanya, berharap masyarakat tidak panik menanggapi kasus dua WNI di Depok yang sedang dalam penanganan terkait virus corona.

"Yang paling penting, warga diimbau untuk waspada dengan tetap berperilaku hidup sehat serta disarankan untuk tidak melakukan perjalanan ke negara-negara yang tingkat penyebaran virus corona tercatat tinggi," ujar Wagub.


Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Medan, Pri Agung, mengatakan pihaknya akan semakin meningkatkan pengawasan di jalur ke luar masuk luar negeri maupun domestik seperti di pelabuhan dan bandara.

Pengawasan dilakukan dengan mendeteksi melalui alat thermal scan/ health alert card dan ruang observasi sehingga penanganan bisa dilakukan dengan cepat jika ada yang terdeteksi.

Baca juga: Dampak corona, pemerintah sanksi pedagang permainkan harga sembako
Baca juga: Polri imbau warga tidak berlebihan sikapi COVID-19

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020