tujuan utama dibentuknya Dekranasda adalah menyejahterakan perajin, dan tidak bisa lepas dari nilai ekonomi.
Surabaya (ANTARA) - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur Arumi Bachsin mengharapkan Dekranas mampu semakin menyejahterakan para perajin dan beradaptasi dengan kemajuan zaman.

"Dekranas juga harus mampu menjadi wadah bagi perajin, baik kaum milenial maupun senior," ujarnya di sela peringatan HUT Ke-40 Dekranas di Grand City Convex Surabaya, Selasa.

Selain itu, istri Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak itu berharap Dekranas mampu menyatukan tradisi dan budaya dengan kemajuan teknologi.

Baca juga: Dekranasda gelar kompetisi cari kriya "3D print" karya milenial

Bagi Dekranasda Jatim, ia menargetkan dapat mempertahankan apa yang sudah dicapai, meningkatkan yang belum maksimal dan dapat mengekspor kerajinan berpotensi.

Wanita yang pernah membintangi sejumlah film nasional itu juga menjelaskan bahwa tahun ini Dekranasda Jatim fokus pada beberapa hal, seperti program peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi perajin, meningkatkan daya saing, memfasilitasi pendampingan pengurusan merek serta Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Tak itu saja, kata dia, program Dekranasda juga terkonsentrasi pada perluasan jaringan pemasaran melalui pameran dan gelar potensi, serta kemitraan melalui kerja sama antarperajin untuk mendorong kolaborasi di bidang transfer teknologi.

"Kalau melihat perekonomian dan UMKM zaman sekarang, sistemnya yang paling baik, ramah di kantong,dan sangat efektif adalah sistem kolaborasi," katanya.

Baca juga: Kemenperin dorong daya saing industri kerajinan lewat "e-smart" IKM

Arumi yang juga ketua TP PKK Jatim itu mengatakan tujuan utama dibentuknya Dekranasda adalah menyejahterakan perajin, dan tidak bisa lepas dari nilai ekonomi.

Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya tak berhenti melakukan pembinaan dan pendampingan bagi perajin, pelaku UKM dan IKM hingga dapat melakukan transaksi.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020