Lurah dan camat diminta memberikan imbauan kepada warga agar tetap tenang dalam menghadapi wabah virus corona
Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi meminta warga tidak panik menimbun stok makanan dan kebutuhan lainnya untuk mewaspadai pandemi virus corona (Covid-19).

Rustam mengaku menerima informasi sejumlah warga dalam kondisi panik memborong persediaan makanan di beberapa supermarket di Jakarta Barat.

"Saya telah memerintahkan Pasar Jaya untuk memasok cukup kebutuhan pokok masyarakat. Saya sampaikan kepada masyarakat bahwa bahan pokok makanan dan pasokan terjamin, jadi tidak usah panik," ujar Rustam di Jakarta, Selasa.

Selain itu, dia meminta seluruh SKPD (satuan kerja perangkat daerah) agar menyosialisasikan status waspada yang sudah ditetapkan Senin lalu.

Baca juga: Anies: Tidak perlu belanja berlebihan

Baca juga: Masyarakat diminta tidak borong barang kebutuhan di toko modern

Baca juga: BI: Stimulus pemerintah bantu penguatan ekonomi dalam negeri


Menurutnya sosialisasi yang baik dapat mencegah kepanikan masyarakat. Sebab kepanikan dapat menimbulkan kekacauan ekonomi.

Ia meminta lurah dan camat bisa memberi imbauan kepada warga agar tetap tenang dalam menghadapi wabah virus corona.

"Jadi cek betul. Masyarakat waspada boleh tapi panik jangan," ujarnya.

Sementara itu, di wilayah Cengkareng dan Kalideres, polisi melakukan pengamanan dan sidak pengecekan dan pengamanan persediaan sembako.

Di Cengkareng dan Kalideres, polisi mengecek persediaan bahan pangan di pasar tradisional, minimarket hingga supermarket.

Hasil pengecekan harga sembako dan bahan pangan lainnya untuk saat itu masih normal dan tidak ada pembelian dalam skala besar untuk penimbunan barang secara disengaja.

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020