Manado (ANTARA) - Sebanyak 110 peterjun akan mengikuti kejuaraan internasional terjun payung bertajuk ‘International Open Parachuting Championship (IOPC) KASAU Cup 2020 di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), 21-30 Maret 2020.

Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Johnny Sumaryana selaku Ketua Umum FASI Sulut, di Manado, Selasa, mengatakan kejuaraan IOPC KASAU Cup ini bertujuan untuk memasyarakatkan olah raga dirgantara khususnya dan mengolahragakan masyarakat dengan tumbuhnya minat dirgantara.

"Selain itu tujuan dari pada kejuaraan ini adalah untuk meningkatkan pariwisata di kota Manado khususnya dan di Provinsi Sulut umumnya," katanya.

Kegiatan ini dilaksanakan selaras dengan program Pemerintah Provinsi Sulut yakni memasyarakatkan dan membina prestasi cabang terjun payung.

Kejuaraan ini juga untuk memeriahkan bulan Dirgantara dalam rangka HUT TNI Angkatan Udara ke-74, tambahnya.

Para atlet yang akan ikut kejuaraan ini berasal dari dalam maupun luar negeri baik mewakili negara, provinsi, klub atau instansi kedinasan masing-masing. Sebanyak 16 tim dari dalam negeri dan satu tim dari Malaysian Airforce, yang akan turun pada kelas perorangan dan beregu.

Kejuaraan ini melombakan ketepatan mendarat beregu putra putri, ketepatan mendarat perorangan putra putri dan ketepatan mendarat perorangan putra putri junior.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan berlokasi di kawasan Pohon Kasih Megamas Manado. Kegiatan ini akan ditutup dengan event pemecahan rekor MURI terjun payung berbusana etnik 34 provinsi yang mengusung tema Bhinneka Tunggal Ika sesuai program Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dimana Sulut menjadi salah satu daerah percontohan tentang toleransi dalam keberagaman.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020