Jakarta (ANTARA) - Presiden memastikan stok masker dalam negeri mencapai 50 juta hingga Merapi erupsi, Bandara Adi Sumarmo ditutup sementara. Berikut lima berita ekonomi kemarin yang masih layak disimak:

1. Presiden pastikan stok masker dalam negeri capai 50 juta

Presiden Joko Widodo memastikan bahwa stok atau persediaan masker di pasar dalam negeri kurang lebih mencapai 50 juta sehingga masyarakat diminta untuk tidak perlu panik.

“Dari informasi yang saya terima stok dalam negeri kurang lebih 50 juta. Memang pada masker tertentu itu yang langka,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam jumpa pers di Veranda Istana Merdeka, Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

2. Erick lantik Deputi SDM dan Staf Ahli Kebijakan Kementerian BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir melantik Deputi Sumber Daya Manusia Kementerian BUMN Alex Deni dan Staf Ahli bidang Implementasi Kebijakan Strategis Kementerian BUMN Warih Sadono.

"Dua pejabat yang mengisi struktur tersebut dilantik setelah diseleksi melalui mekanisme seleksi terbuka yang memiliki sejumlah persyaratan teknis dan kompetensi sebagaimana dipersyaratkan oleh ketentuan Kementerian PAN-RB dan standar kompetensi yang diberlakukan di Kementerian BUMN," ujar Erick Thohir di Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

3. Kemenkeu pantau dampak virus corona terhadap ekonomi RI

Kementerian Keuangan terus memantau dampak virus corona terhadap perekonomian Indonesia karena penyebaran virus tersebut terus berlanjut.

"Di China sekarang yang kena infeksi mulai turun tapi di negara lain mulai muncul seperti Italia, Korea, dan Indonesia. Kami lihat ini belum berhenti, sehingga kami pantau serius," kata Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara ketika meluncurkan buku kemitraan Bank Pembangunan Asia (ADB) di Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

4. Erick perintahkan BUMN farmasi jaga stok dan harga cairan antiseptik

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir memerintahkan BUMN farmasi untuk mempertahankan ketersediaan stok dan menjaga stabilitas harga cairan antiseptik di tengah merebaknya wabah corona.

"BUMN farmasi, agar mempertahankan ketersediaan stok dan menjaga stabilitas harga alat pelindung diri, cairan antiseptik atau alat-alat sanitasi," ujar Erick Thohir di Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

5. Merapi erupsi, Bandara Adi Sumarmo ditutup sementara

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menutup sementara Bandara Internasional Adi Sumarmo karena Gunung Merapi dilaporkan kembali erupsi pukul 05.33 pagi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Berdasarkan hal tersebut, AirNav Indonesia telah mengeluarkan Ashtam atau sejenis notam (notice to airman) nomor VAWR 9293 dan Notam Aerodrome Closed (penutupan sementara bandara) guna memberikan petunjuk bagi penerbang yang melalui wilayah erupsi gunung merapi.

Simak berita lengkapnya di sini

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020