Jakarta (ANTARA) - Newcastle United dan Sheffield United lolos ke perempat final Piala FA setelah menyingkirkan lawan mereka masing-masing pada putaran kelima.

Hanya saja, dalam dua laga yang berlangsung bersamaan pada Selasa waktu setempat itu Newcastle tampak lebih mulus melewati West Bromwich Albion ketimbang Sheffield United yang membutuhkan babak tambahan waktu untuk bisa mengalahkan Reading.

Bertandang ke markas West Bromwich Albion, Newcastle unggul telak tiga gol saat pertandingan babak kedua baru berjalan dua menit, demikian catatan laman resmi FA.

Baca juga: Rengkuh Piala Liga, Guardiola ogah buru-buru klaim bisa juarai FA

Setelah peluang emas Alain Saint-Maximin digagalkan oleh tiang gawang, Newcastle akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-33 lewat ketenangan Miguel Almiron menaklukkan kiper Jonathan Bond.

Almiron mencetak gol keduanya pada pengujung babak pertama menyelesaikan umpan kiriman Joelinton dalam situasi yang cukup rumit di dalam kotak penalti tuan rumah.

Newcastle kian melesat dua menit selepas sepak mula babak kedua saat Valentin Lazaro mengemas gol debutnya di tanah Inggris dengan sebuah kebetulan yang luar biasa. Tembakan Saint-Maximin dihalau Bond, tetapi bola memantul mengenai dada Lazaro sebelum bersarang ke gawang West Brom.

Tuan rumah sempat memperlihatkan kebangkitan ketika Matthew Phillips mencetak gol pada menit ke-74, sayangnya Kenneth Zohore baru bisa menyusul ketika laga memasuki injury time dan West Brom harus rela tersingkir dengan kekalahan 2-3 dari Newcastle.

Baca juga: Arteta bahagia eksperimen tim mudanya berhasil pada Piala FA

Sementara itu dalam laga lain yang berlangsung bersamaan di Stadion Madejski, Sheffield United unggul cepat lewat gol David McGoldrick yang menjebol gawang Reading dua menit setelah pertandingan dimulai.

Reading membalas lewat eksekusi penalti George Puscas dan skor imbang itu bertahan hingga waktu normal berakhir sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Pada pengujung babak tambahan pertama, Sheffield United kembali memimpin lewat gol kapten mereka Billy Sharp yang berdiri cukup bebas di area tiang jauh untuk menanduk umpan silang terukur kiriman Luke Freeman.

Skor 2-1 bertahan setelah peluang Reading memaksakan adu penalti gagal lantaran penyelesaian Pele melenceng tipis di sisi gawang pada menit akhir babak tambahan kedua.

Newcastle dan Sheffield United lolos ke perempat final menyusul Arsenal yang sudah melenggang sehari sebelumnya serta Chelsea yang menyingkirkan Liverpool di Stamford Bridge dalam laga lebih awal.

Baca juga: Chelsea singkirkan Liverpool setelah menang 2-0 di Stamford Bridge

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020