Pasien "suspect" Covid-19 di RSUP Kepri menderita HIV

Pasien "suspect" Covid-19 di RSUP Kepri menderita HIV

Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana (Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau mencatat riwayat kesehatan seorang pasien "suspect" Covid-19 atau virus corona yang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Ahmad Thabib, sebelumnya menderita penyakit HIV/Aids.

Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana, yang dihubungi di Tanjungpinang, Rabu, mengatakan, pasien tersebut sudah lama menderita HIV/Aids sehingga terinfeksi TBC.

"Penderita HIV/Aids dalam kondisi stadium lanjut pasti tertular TBC, kemudian daya tubuhnya melemah sehingga mudah tertular penyakit lainnya seperti Covid-19," katanya.

Namun sampai sekarang belum dapat dipastikan pasien tersebut terinfeksi Covid-19 atau tidak. Tim medis masih menunggu hasil laboraturium terhadap sampel yang diambil dari pasien.

Investigasi terus dilakukan terus pasien yang gejala penyakitnya sama seperti Covid-19.

"Pasien itu sempat berobat di salah satu rumah sakit di Singapura, kemudian rawat inap di RSUD Tanjungpinang mulai 25 Februari 2020. Baru semalam sore dirujuk ke RSUP Kepri setelah diketahui gejala penyakitnya sama seperti penderita Covid-19," ujarnya.

Upaya pencegahan dini sudah dilakukan sejak ditangani oleh tim medis di RSUP Kepri. Pasien tersebut belum dapat dikatakan positif Covid-19.

"Pasien itu masuk dalam kategori orang yang diawasi," tuturnya.

Tjetjep mengimbau warga tidak panik mendengar, membaca maupun menonton berita atau informasi terkait persoalan itu di media massa maupun media sosial. Namun warga harus tetap waspada dengan meningkatkan daya tahan tubuh, dan menerapkan pola hidup sehat.

Warga yang bersin, pilek batuk yang disertai demam segera berobat di Puskesmas. Penderita batuk, pilek dan bersin harus menggunakan masker agar tidak menular kepada orang lain.

"Cuci tangan dengan menggunakan sabun sebelum menyentuh makanan, salah satunya seperti itu," katanya.
Baca juga: Plt Gubernur Kepri minta warga tak panik soal terduga corona
Baca juga: Dinkes Kepri kirim swab seorang suspect COVID-19 ke Jakarta
Baca juga: Tim terpadu Kepri telusuri jejak penderita COVID-19 di Singapura

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Terungkap! 18 kasus penyalahgunaan APD, 33 tersangka dan 2 ditahan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar