...seiring selesainya pembangunan kembali jalur sepanjang 2,7 kilometer
Padang, (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia Divre II Sumatera Barat memperpanjang rute perjalanan Kereta Api Bandara Minangkabau Ekspres dari Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman menuju Stasiun Pulau Air Padang mulai 12 Maret 2020.

"Jika sebelumnya kereta bandara hanya sampai Stasiun Padang di Simpang Haru, mulai 12 Maret diperpanjang hingga Stasiun Pulau Air seiring selesainya pembangunan kembali jalur sepanjang 2,7 kilometer," kata Manajer Operasi KAI Divre II Sumbar Roeslan di Padang, Rabu.

Menurutnya, pengoperasian kereta bandara hingga ke Stasiun Pulau Air mengakomodasi permintaan masyarakat sehingga kereta bisa menjadi salah satu transportasi pilihan menuju bandara.

Ia mengakui selama ini penumpang kereta bandara belum optimal dan diharapkan dengan perpanjangan jalur bisa meningkat.

Baca juga: Menunggu kereta jadi transportasi utama ke bandara

Ada dua stasiun baru yang bisa menjadi lokasi naik dan turun penumpang yaitu Stasiun Pulau Air yang berada di Padang Selatan dan Stasiun Tarandam di Padang Timur.

Stasiun Pulau Air berada dekat kawasan Sungai Batang Arau Muara Padang sehingga bagi penumpang pesawat yang hendak ke Mentawai bisa menggunakan kereta dari bandara, katanya. Sedangkan stasiun Tarandam juga cukup strategis lokasinya dan mudah dijangkau warga.

Ia menyampaikan sebagai bentuk sosialisasi pada 12 sampai 22 Maret 2020 pihaknya menggratiskan tiket KA bandara.

Kemudian setelah itu untuk rute dari Padang ke Bandara Minangkabau Rp10 ribu dan jika sampai Stasiun Duku hanya Rp5.000.

Sementara Kepala Balai Teknik Perkeretapian Wilayah Sumatera bagian barat Suranto menyampaikan untuk rute Stasiun Pulau Air menuju Stasiun Padang dengan jarak 2,7 kilometer bisa ditempuh dalam waktu lima menit.

Baca juga: Pengawasan di Bandara Minangkabau diperketat antisipasi Covid-19

Baca juga: Terminal baru Bandara Minangkabau dioperasikan Februari 2020


 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020