Jumlah BUMN yang mendapatkan predikat Industry Leader ini ada peningkatan
Jakarta (ANTARA) - Sembilan perusahaan milik negara berhasil meraih predikat Industry Leader dalam BUMN Performane Excellence Award 2020, ajang penganugerahan kepada BUMN yang bekerja keras membangun daya saing melalui integrasi berbagai sistem manajemen hingga mencapai kinerja tertentu.

Sembilan BUMN tersebut, yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Angkasa Pura II (Persero), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

"Jumlah BUMN yang mendapatkan predikat Industry Leader ini ada peningkatan dari sebelumnya hanya 5 BUMN pada 2017, kemudian menjadi 9 BUMN pada 2019," kata Ketua Forum Ekselen BUMN Agung Yunanto pada Acara BUMN Performane Excellence Award (BPEA) 2020 di Jakarta, Rabu.

Predikat Industry Leader ini diberikan pada perusahaan yang telah mempunyai proses bisnis selaras dengan tujuan dan kebutuhan, penerapan sudah baik pada umumnya dengan kinerja yang terus menerus membaik, analisis berbasis data fakta, dan banyak best practice yang telah dapat dijadikan acuan di lingkungan industrinya.

Selain itu Penghargaan BPEA juga memberikan apresiasi pada kategori lainnya yakni Emerging Industry Leader (EIL) yang diraih oleh 22 BUMN dan kategori Good Performance oleh 39 BUMN. Sebanyak 100 BUMN terpilih ini telah diuji oleh tim asesor KPKU.

Agung menjelaskan Penghargaan BPEA 2020 ini merupakan refleksi kinerja BUMN tahun 2018 yang dinilai pada 2019. Penghargaan ini diberikan atas pencapaian tingkat kinerja ekselen (Excellence Level) perusahaan yang mengacu pada Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) yang telah ditetapkan oleh Kementerian BUMN sejak 2012.

Baca juga: LKBN Antara raih penghargaan BUMN Performance Excellence Award 2020
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020